Berenang

Berenang saat hamil memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan calon bayi. Saat berenang, ibu hamil akan mendapatkan tekanan lembut dari air pada tiap angota tubuhnya. Tekanan ini mampu membantu tubuh sang ibu menjadi lebih rileks yang nantinya juga akan berpengaruh pada bayi. Lalu, dalam waktu yang bersamaan berenang dapat meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih baik. Terakhir, berenang juga dapat melatih pernafasan yang ibu menjadi lebih kuat, dalam, dan panjang yang akan bermanfaat untuk proses persalinan nantinya.

source: http://nova.grid.id/Kesehatan/Wanita/Anjuran-Medis-Olahraga-Berenang-Bagi-Ibu-Hamil

Berjalan Kaki

Dalam upaya menjaga fisik ibu hamil agar tetap fit, segar, dan bugar serta meningkatkan daya tahan tubuh, ibu hamil dapat melakukan olah raga ringan berupa berjalan kaki. Olahraga ini mampu meningkatkan kinerja jantung ibu dan bayi dalam mempersiapkan proses persalinan. Lalu, yang paling penting dari berjalan kaki adalah membantu bayi untuk bergerak menuju jalan lahir.

source: http://melindahospital.com/artikel/84/Jalan-Kaki-Sehat-bagi-Ibu-Hamil.html
baca juga

Senam Kegel

Senam kegel sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para ibu hamil karena olahrag aini bermanfaat dalam melatih dan menguatkan otot-otot panggul. Senam yang berfokus pada peregangan otot ini mampu membantu ibu dalam kelancaran persalinan nantinya. Selain itu, senam kegel juga akan sangat berguna untuk melatih otot di uretra, rahim, rektum serta kandung kemih. 

source: http://www.momjunction.com/articles/effective-exercises-naturally-induce-labour_0022568/#gref

Yoga

Selanjutnya, kamu juga dapat memilih yoga untuk olahraga yang lebih tenang. Meskipun gerakannya perlahan, yoga sangat baik untuk melatih kekuatan dan pernafasan. Berlatih yoga di masa trimester ketiga kehamilan akan lebih mudah karena pada dasarnya ibu tidak membutuhkan energi yang besar dalam melakukan gerakannya. Selain itu, yoga juga dapat melatih emosi sang ibu saat akan menanti hari kelahiran.

source: http://melindahospital.com/artikel/3267/Yoga-Untuk-Ibu-Hamil.html
baca juga

Senam Jongkok

Terakhir, kamu dapat mencoba melakukan senam jongkok. Senam ini merupakan senam untuk ibu hamil yang bermanfaat dalam memperkuat otot paha. Selain itu, otot panggul juga akan dilatih untuk mempersiapkan persalinan nanti. Ibu dapat melakukan senam ini saat sudah memasuki trisemester ketiga. Caranya adalah dengan mengatur posisi punggung yang lurus dan perlahan, kemudian turunkan badan hingga masuk ke posisi jongkok. Tahan posisi ini selama 10 detik, lalu perlahan kembali ke posisi awal berdiri. Lakukan senam ini secara rutin 3 kali sehari. 

source: http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com/2014/05/6-gerakan-senam-hamil-untuk-persalinan.html

Nah, itulah olahraga yang aman untuk kamu para calon ibu yang surah memasuki trimester ketiga kehamilan. Semoga persalinanmu nanti lancar, ya!