1. Merasa Lapar

Jika sering merasa lapar, coba periksa kembali menu makan. Jangan-jangan kamu hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat saja! Kamu akan merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, karena lemak lebih lama diproses dalam tubuh jika dibandingkan dengan karbohidrat.

2. Kulit Kering

Selain kurangnya air yang kamu minum, konsumsi lemak dalam tubuh juga mempengaruhi kesehatan kulitmu. Coba tambahkan menu yang mengandung lemak jika kulitmu terasa kering, keriput, dan bersisik. Lemak akan membantu dalam penyerapan vitamin yang berperan menjaga kuliltmu tetap lembab.

baca juga

3. Mudah Lelah

Jika kamu merasa mudah lelah padahal sebelumnya merasa sangat sehat, mungkin kamu perlu mengecek kandungan lemak dalam makanan yang kamu konsumsi sebelumnya. Tubuh akan mengubah lemak menjadi energi saat cadangan energi dari karbohidrat mulai habis.

3. Mudah Lelah
source: https://nuccawashington.com/

4. Sulit Konsentrasi

Lemak berperan dalam menjaga perutmu tetap kenyang dalam jangka waktu tertentu. Rasa lapar yang timbul akibat kurangnya konsumsi lemak bisa mempengaruhi daya konsentrasi tentunya. Kamu akan cenderung sulit fokus dan pelupa saat perut lapar. Konsumsi makanan dengan lemak baik seperti minyak zaitun, kacang, dan ikan akan sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak!

baca juga

5. Hormon Terganggu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lemak dibutuhkan dalam proses mengatur hormon dalam tubuh. Hormon yang tidak teratur bisa membuat kesehatan terganggu, salah satu tandanya adalah datang bulan yang tidak teratur. Tentu saja kurangnya konsumsi lemak bukan menjadi satu-satunya alasan, tapi lemak bisa membantumu memperbaiki kerja hormon dalam tubuh.

6. Perasaan Cemas & Depresi

Kalau kamu sering merasa cemas atau tidak bisa mengatasi mood yang buruk, bisa jadi kamu sedang kekurangan konsumsi lemak. Menurut sebuah penelitian, kekurangan lemak baik seperti omega 3 dan 6 bisa membuat merasal mual dan tidak nyaman. Tanda-tanda depresi ini bisa dikurangi dengan menambah asupan lemak baik dalam makanan.

6. Perasaan Cemas & Depresi
source: http://www.attentiontowellness.com/