1. Matikan notifikasi

Hanya karena satu notifikasi yang muncul dari media sosial, kamu dan anak bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam memandangi layar smartphone. Hal ini memang sering terjadi dan tidak sedikit pula yang tenggelam di dunia maya setelah membuka satu notifikasi yang muncul di layar smartphone. Untuk meminimalisir kejadian ini lebih baik kamu matikan notifikasi yang tidak terlalu penting. Kamu juga bisa ubah pengatur-n smartphone ke dalam silent mode untuk menghindari godaan membuka notifikasi setiap kali smartphone berdering.

2. Cari tahu berapa waktu yang kamu habiskan untuk smartphone

Para gadget addict atau mereka yang tidak bisa jauh dari smartphone pasti akan terkejut jika mengetahui jumlah jam yang mereka habiskan untuk penggunaan smartphone. Tetapi dengan mengetahui waktu yang telah kita gunakan untuk smartphone, bisa menyadarkan kita untuk mengurangi penggunaannya. Kini semakin banyak aplikasi yang menawarkan beragam kemudahan, termasuk menghitung jumlah pemakaian smartphone per hari. Kamu bisa memulainya dengan mencari aplikasi lewat Google Play atau Apple App Store. Aplikasi-aplikasi ini biasanya dapat memberitahukan jumlah jam yang kamu habiskan di depan layar smartphone  serta memberikan peringatan jika kamu terlalu lama menghabiskan waktu untuk smartphone. Bahkan kini, sudah fitur Screen Time pada gadget besutan Apple yang bisa mengontrol waktu pemakaian smartphone, dan bisa diaplikasikan pada gadget anakmu melalui akun iCloud, lho!

baca juga

3. Tentukan jam bebas smartphone setiap harinya

Kita tidak mungkin berada di depan layar smartphone seharian penuh kan? Kamu tidak memerlukan smartphone saat sedang makan, nonton Tv, ataupun saat ke kamar mandi. Buatlah jam bebas smartphone setiap harinya, atur jadwal bebas smartphone di saat kamu sedang sibuk melakukan pekerjaan lain. Bagi kamu yang susah untuk memulainya, kamu bisa coba untuk ubah pengaturan smartphone menjadi Airplane Mode. Tanpa notifikasi yang muncul kamu bisa lebih fokus melakukan pekerjaan lain, dan waktu bersosialiasi dengan keluarga atau teman pun juga semakin bertambah.

4. Jangan gunakan smartphone untuk membangunkanmu di pagi hari

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang memilih smartphone daripada jam beker untuk alarm di pagi hari. Namun sebenarnya akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan smartphone untuk alarm. Hal ini membuatmu semakin tidak dapat menjauh dari kecanduan smartphone. Sebelum tidur pasti kamu akan mengecek timeline atau bahkan update status di media sosial. Begitu juga di pagi hari, barang yang pertama kali kamu tatap pasti smartphone yang berada di sampingmu. Usahakan untuk tidak menaruh smartphone di dalam kamar. Mungkin hal yang sulit, tetapi patut dicoba!

baca juga

5. Berlatih 'tech breaks'

Ada lagi satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecanduanmu terhadap smartphone, yaitu dengan 'tech breaks'. Latihan ini bertujuan untuk melatih ketahananmu untuk tidak mengecek layar smartphone selama 15 menit sekali. Hal pertama yang kamu lakukan adalah cek segala bentuk komunikasi yang ada di smartphone termasuk SMS, telepon, dan media sosial selama satu menit. Matikan smartphone, pasang alarm selama 15 menit, dan taruh smartphone dalam keadaan terbalik. Posisi smartphone yang terbalik akan mengingatkan otak untuk tidak melepaskan stress serta kecemasan akan adanya sesuatu yang terlewatkan saat tidak mengecek smartphone. Setelah alarm berbunyi, nyalakan smartphone, cek kembali selama satu menit. Lakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang sampai kamu merasa terbiasa untuk tidak mengecek smartphone setiap saat. Tingkatkan waktu 'tech breaks' selama 5 menit setiap minggunya maka kamu akan terbiasa untuk tidak mengecek smartphone selama 1 jam atau bahkan lebih.