Cara Memijat Bayi yang Benar
 

Lengkap! Tata Cara Memijat Bayi untuk Bayi Sembelit, Pilek, dan Kecengklak Ini Harus Kamu Pahami
source: https://www.familie.de/


Persiapan Memijat Bayi

Saat akan memijat bayi, pastikan untuk menyiapkan ruangan dengan suhu hangat yang memiliki temperatur sekitar 23-25 derajat Celcius. Hindari ruangan yang bising dan pilihkan ruangan kamar yang sepi, tenang dan nyaman. Selanjutnya, siapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan saat akan memijat bayi, seperti handuk, perlak, kain bedong, minyak untuk memijat (lebih dianjurkan untuk menggunakan baby oil atau minyak zaitun, baju ganti bersih, dan popok. Terakhir, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memijat bayi.
 


Cara Memijat Bayi yang Aman dan Benar
 

Lengkap! Tata Cara Memijat Bayi untuk Bayi Sembelit, Pilek, dan Kecengklak Ini Harus Kamu Pahami
source: https://www.parents.com/
  • Memijat Kaki Bayi. Saat memulai sebuah pijatan, kamu dapat memulainya dari bagian kaki. Lakukanlah pijatan lembut dari tungkai, yaitu bagian pangkal paha sampak ke bawah telapak kaki. 
  • Memijat Lengan Bayi. Setelah memijat bagian kaki, kamu dapat mulai beralih ke bagian lengan. Pada awal pemijatan, kamu memang lebih dianjurkan untuk melakukan pijatan pada kaki dan lengan. Untuk tangan, Anda dapat memulai pijatan dari bagian lengan bagian atas sampai ke pergelangan tangan dan jari-jari kecilnya. Pijatan lembut ini dapat memperlacar peredaran darah dan meningkatkan respon indera perabanya.
  • Memijat Dada Bayi. Kemudian, dilanjutkan dengan memijat dada bayi. Kamu dapat memulainya dengan meletakkan kedua tangan di atas dada bayimu. Kemudian lakukan pemijatan lembut memutar ke arah luar sambil menekan lembut dadanya.
  • Memijat Punggung Bayi. Terakhir, untuk bagian punggung, posisikan bayimu dalam keadaan tengkurap, lalu pijatlah area tulang belakang, mulai dari leher sampai dengan bokong. Untuk bagian punggung kamu dapat menggunakan ujung jari. Akhiri pemijatan bayi dengan melakukan pijatan lembut yang panjang dari punggung hingga ke tungkai kaki.
baca juga


Cara Memijat Bayi Kecengklak
 

Lengkap! Tata Cara Memijat Bayi untuk Bayi Sembelit, Pilek, dan Kecengklak Ini Harus Kamu Pahami
source: https://www.livingandloving.co.za/


Untuk bayi yang kecengklak atau keseleo, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan pemijatannya. Hal ini sangat penting sebab ada banyak risiko yang dapat terjadi jika kamu salah melakukan pemijatan untuk si kecil. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya pada bidan atau orang yang memang ahli dalam memijat bayi yang terkilir.
 


Cara Memijat Bayi yang Susah BAB
 

youtube:OBNufoZPduo
source: https://www.youtube.com/watch?v=OBNufoZPduo
Bayi Sembelit? Begini Cara Mengatasinya | Pijat I Love You.


Nah, untuk bayi yang mengalami sembelit, kamu juga dapat menanganinya dengan melakukan pemijatan. Video di atas merupakan arahan untuk cara memijat bayi sembelit yang tepat. Jangan lupa untuk menyiapkan baby oil yang hangat untuk menenangkan perut si kecil.
 

baca juga


Cara Memijat Bayi 3 Bulan
 

Lengkap! Tata Cara Memijat Bayi untuk Bayi Sembelit, Pilek, dan Kecengklak Ini Harus Kamu Pahami
source: https://www.aiyasha-spa.de/


Memijat bayi dapat dimulai sedini mungkin. Bahkan, usapan lembut dari tangan hangat sang ibu dapat menenangkan dan merileksasi otot-otot bayi yang kaku, termasuk pada bayi dengan usia 3 bulan. Yang terpenting, pastikan untuk melakukan pemijatan di waktu yang tepat saat bayi merasa nyaman. Hal ini penting agar manfaat pemijatan benar-benar dapat dirasakan dengan baik oleh si kecil. Kamu dapat melakukannya setelah mandi dan sebelum makan atau sebelum tidur. Cara ini penting agar menambah nafsu makan dan membuat tidurnya lebih tenang dan nyenyak.