Mengisap adalah naluri alami bayi. Beberapa bayi akan mengisap jempol atau jari mereka, sementara bayi lain suka mengisap empeng bayi. Pada anak yang lebih besar, empeng bisa memberikan kenyamanan dan keamanan. Empeng bayi sering menjadi andalan para orangtua untuk menenangkan bayinya yang sedang rewel. Jika bayi kamu menangis atau rewel, empeng bisa membantu si Kecil tenang. Bahkan Mungkin saja akan membantunya tertidur.

Banyak orangtua mengandalkan empeng untuk usia untuk menenangkan bayi yang menangis, tapi apakah memberi empeng bayi benar-benar tepat untuk buah hati kamu? Meskipun penelitian menunjukkan, mengisap empeng dapat menurunkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), jika dia menggunakannya saat tidur siang dan waktu tidur. Lantas apakah bahaya dibalik penggunaan empeng bayi ini?

Mengganggu Kebiasaan Makan

Penggunaan empeng pada awal kehidupan dapat mengganggu proses menyusui bayi kamu lho. Karena bagaimanapun juga payudara kamu berbeda dengan empeng atau dot. Yang harus kamu pahami, bahwa bayi diberi empeng sebelum ia mengisap atau menempel tepat di payudara kamu terbentuk ternyata dapat menyebabkan masalah makan. Nah, hal ini bisa membuat menyusui terasa menyakitkan bagi kamu atau tidak memuaskan bayi. Sebaiknya tunggu sampai bayi kamu berusia satu bulan dengan begitu akan mengurangi gangguan makan.

source: https://journal.sociolla.com


 

baca juga

Risiko Infeksi Telinga

Masalah kedua yang akan terjadi jika bayi kamu cepat menggunakan empeng bayi yaitu meningkatnya infeksi telinga. Tingkat infeksi telinga tengah dapat meningkat dengan penggunaan empeng. Tingkat infeksi umumnya paling rendah selama enam bulan pertama, yaitu saat empeng bisa paling mempengaruhi risiko SIDS.

source: http://dapursehat79.blogspot.co.id


 

Masalah Gigi di Kemudian Hari

Penggunaan empeng yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah gigi di kemudian hari. Meski ini tidak terjadi untuk beberapa tahun pertama kehidupan bayi kamu. Tapi pada tahap perkembangan selanjutnya bisa menyebabkan gigi anak-anak miring ke luar. Nah, sebelum memutuskan memberi si kecil empeng bayi, pertimbangkan untung rugi bagi kamu dan si kecil.

source: http://www.klikdokter.com