Sambal Bajak

Sambal Bajak merupakan salah satu sambal khas Indonesia yang paling populer. Sambal ini termasuk sambal yang dapat tahan lama karena cara pembuatannya digoreng. Tidak sedikit pula yang memproduksi sambal bajak dalam bentuk kemasan.

Sambal Bajak
source: https://cookingwithmamamiyuki.wordpress.com/2013/01/05/sambel-bajak/

Sambal Kecap

Sambal ini merupakan sambal yang mudah cara pembuatannya. Semua bahan diiris lalu dilumuri dengan kecap. Perpaduan pedasnya cabai dan manisanya kecap sangat pas dihidangkan dengan ikan atau ayam bakar.

Sambal Kecap
source: http://21ngafifi.wordpress.com/2011/01/03/sambal-kecapgurami-gorenglontong-yummyy/
baca juga

Sambal Lado

Sambal Lado atau yang bisa disebut juga dengan sambal ijo merupakan sambal khas Padang. Sambal ini sering kita temui di berbagai rumah makan padang, sangat cocok dimakan dengan daun singkong.

Sambal Lado
source: http://kreasiresepmasakanindonesia.blogspot.com/2014/09/resep-sambal-lado.html

Sambal Terasi

Sambal ini hampir serupa dengan sambal bajak, yang membedakan adalah tambahan terasi di dalamnya. Terasi atau biasa disebut juga dengan belacan terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan. Sambal ini bisa dibuat dengan dua versi, matang ataupun mentah. Dua-duanya sama-sama nikmat!

Sambal Terasi
source: http://tips-cara.info/resep-membuat-sambal-terasi/
baca juga

Sambal Dabu Dabu

Sambal Dabu-Dabu merupakan sambal khas Manado. Tidak perlu diulek, dalam pembuatannya kamu hanya perlu memotong semua bahan dan dicampur menjadi satu. Setelah tercampur ditambahkan dengan minyak panas. Biasanya sambal ini sangat cocok dihidangkan dengan ikan bakar atau ikan goreng.

Sambal Dabu Dabu
source: http://sumateranfood.blogspot.com/2010/11/sambal-dabu-dabu.html

Sambal Pencit

Di Jawa Timur mangga muda biasa juga disebut dengan pencit. Jadi, sambal yang satu ini memang sambal yang dibuat dengan mangga muda. Perpaduan rasa asam dan pedas sangat nikmat di lidah.

Sambal Pencit
source: http://www.kartumanfaat.com/kuliner/resep-sambal-mangga

Sambal Korek

Sambal yang satu ini sangat pas dinikmati dengan bebek goreng. Bahannya sederhana, hanya terdiri dari cabe, bawang, garam, dan juga minyak goreng. Biasanya minyak yang digunakan adalah minyak goreng panas sisa menggoreng bebek.

Sambal Korek
source: http://homecookinglaboratory.blogspot.com/2012/11/telur-mata-sapi-dan-sambal-korek-part-2.html

Sambal Andaliman

Sambal Andaliman merupakan sambal khas suku Tapanuli, Batak. Yang paling khas dari sambal ini adalah andaliman, bumbu khas dari tanaman yang hanya ditemui di daerah Sumatera Utara.

Sambal Andaliman
source: http://citizendaily.net/sambal-andaliman-sambal-khas-suku-batak/

Sambal Gami

Sambal Gami merupakan sambal khas dari kota Bontang. Yang unik dari sambal ini adalah cara penyajiannya. Sambal ini dihindangkan di atas cobek yang sudah dibakar sehingga membuat sambal mendidih untuk beberapa waktu.

Sambal Gami
source: http://hanyaresepku.blogspot.com/2014/06/resep-sambal-gami-bontang.html

Sambal Matah

Sambal yang satu ini merupakan sambal khas dari Bali, disajikan dalam keadaan semi-mentah. Bahan-bahan juga tidak perlu diulek, cukup dipotong-potong lalu dicampur menjadi satu. Sambal ini pas sekali disantap bersama ayam panggang.

Sambal Matah
source: http://kokiku.tv/read/144/resep-sambal-matah-bali/page/0/1#.VNrXAPmsV4Y

Sambal Roa

Sambal Roa adalah sambal khas Manado yang dibuat dengan bahan dasar ikan asap roa. Ikan roa ini ternyata hanya ada di daerah Manado. Sambal ini juga bisa tahan lama, jadi bisa dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke sana.

Sambal Roa
source: http://delekker.com/sambal-roa-pedas-paling-enak-dari-delekker/

Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sajian sambal favorit masing-masing. Sambal mana yang menjadi favorit di daerahmu?