Tips Aman Melahirkan dengan Metode Home Birth

Seperti namanya, home birth merupakan sebuah metode melahirkan di rumah. Sebenarnya, cara melahirkan di rumah sudah dikenal lama di Indonesia. Bahkan hingga saat ini pun, metode home birth masih bisa kita temukan di daerah yang aksesnya jauh dari rumah sakit.

Metode home birth kembali naik daun beberapa waktu belakangan. Banyak calon ibu yang ingin melahirkan di rumah karena merasa lebih nyaman jika melahirkan di lingkungan yang tidak asing dari kesehariannya.

Selain itu, calon ibu yang akan melahirkan juga akan mendapat dukungan psikologis lebih banyak dari suami dan keluarga yang berkumpul di rumah.
 

source: http://canterburyhomebirth.org.nz/


Buat kamu yang mau melakukan persalinan home birth, berikut ini adalah beberapa tips agar proses persalinan bisa berjalan dengan aman dan lancar:

  • Proses persalinan harus ditemani oleh dokter atau bidan yang profesional dan telah berpengalaman.
  • Lakukan pemeriksaan sejak awal kehamilan untuk memastikan ibu bisa melahirkan secara normal tanpa perlu melakukan operasi cesareans.
  • Pastikan kondisi lingkungan rumah mendukung proses persalinan, seperti kebersihan, penerangan, sirkulasi udara, kondisi tempat tidur, dan lain-lain. 
  • Cari informasi lokasi rumah sakit terdekat untuk mengantisipasi jika ibu memerlukan penanganan dan peralatan medis khusus atau lebih lengkap.
baca juga

Tips Aman Melahirkan dengan Metode Gentle Birth

Gentle birth adalah proses melahirkan normal yang dilakukan dengan tenang dan damai. Dengan cara ini, gentle birth dipercaya bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Gentle birth dapat dilakukan di rumah maupun di rumah sakit.

Metode yang digunakan dalam gentle birth pun bermacam-macam, mulai dari water birth hingga hypnobirthing. Dalam gentle birth, hal yang paling ditekankan adalah menjaga kondisi mental dan fisik ibu agar tetap rileks menjelang, saat, dan setelah melahirkan.

Dengan berpikir positif dan rajin melakukan peregangan saat masa kehamilan, maka ibu akan lebih mudah dan tenang saat menjalani persalinan gentle birth.
 

source: http://www.motherandbaby.co.id


Buat kamu yang mau melakukan metode gentle birth, berikut ini adalah beberapa tips agar proses persalinan bisa berjalan dengan aman dan lancar:

  • Jauhi stres saat hamil, terutama ketika sudah mendekati masa persalinan.
  • Lakukan latihan pernafasan, olahraga ringan, dan beri pijatan pada bagian vagina dan perineum untuk membuat otot menjadi lebih rileks.
  • Konsumsi makanan bergizi selama kehamilan untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan saat proses gentle birth. Semakin sehat tubuh ibu, maka proses gentle birth bisa berjalan dengan lebih mudah.
  • Tidak semua ibu bisa melakukan gentle birth. Jika proses kehamilan mengalami sedikit gangguan dan operasi cesareans menjadi pilihan terbaik bagi ibu dan bayi, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan gentle birth.

Tips Aman Melahirkan dengan Metode Lotus Birth

Lotus birth mulai banyak digemari di Indonesia semenjak musisi Andien melakukan metode ini pada kelahiran anak pertamanya. Lotus birth merupakan proses melahirkan dengan tetap membiarkan tali pusar terhubung dengan plasenta.

Kalau umumnya tali pusar akan segera dipotong ketika bayi dilahirkan, namun metode lotus birth akan membiarkan tali pusar mengering dan terputus sendiri dari plasenta.
 

source: http://style.tribunnews.com


Buat kamu yang mau melakukan metode lotus birth, berikut ini adalah beberapa tips agar proses persalinan bisa berjalan dengan aman dan lancar:

  • Untuk menghilangkan bau, plasenta yang sudah ditempatkan di dalam baskom atau mangkok besar dibiarkan kering dan diberi garam, bunga atau rempah-rempah yang mengeluarkan wewangian.
  • Bayi dengan lotus birth rentan menjadi kuning karena kelebihan bilirubin. Karena itu, perhatikan perubahan pada tubuh bayi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Untuk menghindari infeksi, selalu perhatikan kebersihan ruangan dan tubuh bayi.