Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membuat si kecil lebih rajin mencuci tangan. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengajak si kecil bernyanyi lagu “Happy Birthday” sebanyak dua kali. Mencuci tangan dengan sabun dianjurkan untuk dilakukan selama 20 detik. Lamanya waktu yang dianjurkan ini sama dengan durasi lagu Happy Birthday yang dinyanyikan dengan tempo sedang sebanyak dua kali.

source: https://www.denverpost.com

Agar si kecil lebih semangat untuk mencuci tangan pakai sabun, Moms juga bisa mengajak si kecil untuk mencuci tangan bersama-sama. Cara ini juga bisa Moms gunakan untuk sekaligus mengajarkan si kecil gerakan mencuci tangan yang benar. Selain cara yang benar, Moms juga harus memastikan si kecil menggunakan sabun cuci tangan yang tepat.
 
Nah, untuk memperingati Global Handwashing Day (GHD) 2018, PT Unilever Indonesia Tbk melalui brand Lifebuoy kembali hadir dengan gerakan "Gabung Aksi Indonesia Merdeka dari Kuman". Gerakan ini dilakukan untuk mengajak sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk mengedepankan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) agar terbebas dari kuman.

baca juga

Lewat gerakan ini, Lifebuoy kembali menekankan komitmennya untuk menjadi mitra pemerintah dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam sosialisi program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui edukasi kebiasaan CTPS secara lebih luas.
 
Dari tahun 2004 hingga sekarang, Lifebuoy sudah menjangkau lebih dari 23,8 juta anak Sekolah Dasar, 71,7 juta ibu beserta anggota keluarganya, dan 1.000 Rumah Sakit di seluruh Indonesia. Bahkan di tahun 2020 nanti, Lifebuoy punya target untuk mencapai 100 juta tangan sehat Indonesia. Keren banget ya, Moms?

Untuk mendukung gerakan Global Handwashing Day 2018, Lifebuoy menggandeng 3 pilar utama yaitu sekolah, para ibu, dan rumah sakit untuk bersama-sama mengedepankan pentingnya cuci tangan pakai sabun.
 
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menyukseskan gerakan ini, yakni:

  • Mengajak Sekolah Dasar, Rumah Sakit dan para ibu di seluruh Indonesia untuk berbagi cara inspiratif dalam melakukan edukasi CTPS di lingkungannya masing-masing.
  • Memperingati GHD 2018 dengan melaksanakan edukasi dan pembangunan sarana CTPS secara serentak di 16 Sekolah Dasar di 16 Provinsi di Indonesia.
  • Merangkul jaringan komunitas relawan terbesar di Indonesia (Indorelawan.org) untuk ikut memberikan edukasi di keenam belas Sekolah Dasar tersebut. Di sekolah, sebanyak 20-30 relawan akan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
  • Meluncurkan kemasan Lifebuoy edisi khusus selama bulan Oktober - Desember 2018 sebagai simbol gerakan “Gabung Aksi Indonesia Merdeka dari Kuman”. Untuk setiap pembelian, Rp3.000,- akan didonasikan untuk membantu edukasi dan perbaikan sarana CTPS di banyak Sekolah Dasar yang masih memiliki keterbatasan.

 
Tahu enggak sih Moms, sebenarnya kamu juga bisa kok terlibat dalam gerakan ini. Caranya bisa dimulai dari lingkup terkecil, yakni dengan membiasakan keluarga untuk selalu cuci tangan pakai sabun. Enggak susah kan? Yuk biasakan diri sendiri dan keluarga untuk selalu cuci tangan pakai sabun setiap hari!