1. Ada dalam gen
Bisa jadi permasalahan picky eater tersebut diturunkan oleh Moms, Dads, atau kakek dan neneknya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Natasha Chong Cole, seorang ahli nutrisi, gen bisa menentukan apakah seseorang pilih-pilih makanan tau tidak. Ada sebagian orang yang terdeteksi di dalam gennya bahwa ia menyukai dan peka terhadap rasa pahit, serta berbagai rasa lainnya. Jadi, bisa jadi kesukaan atau ketidaksukaan seorang anak terhadap sebuah rasa tersebut merupakan sifat keturunan.
 


 

2. Tergantung karakter psikis
Seorang psikolog, Dr. Faye Powell, menyimpulkan bahwa picky eater berkaitan dengan karakter psikis seseorang. Anak yang memiliki sifat pemalu cenderung tidak mudah untuk mencoba makanan-makanan baru. Sementara anak yang impulsif lebih cenderung untuk terbuka dengan mencoba makanan-makanan baru.
 

source: https://www.sharp.com/health-news/images/My-kid-wont-eat-HN819-Recipe-iStock-478101181-Sized.jpg
baca juga

3. Tampilan makanan
Dr. Faye Powell juga  menyatakan bahwa tampilan makanan saat disajikan juga memengaruhi nafsu makan anak. Misalnya, roti bakar yang gosong tampak seperti tanah di mata anak, sehingga ia tidak bernafsu untuk memakannya.
 

source: https://food.fnr.sndimg.com/content/dam/images/food/fullset/2016/7/21/3/FNK_Pancake-Animal-Opener_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.966.725.suffix/1469168680828.jpeg

4. "Supertasters"
Istilah "supertasters" pertama kali digunakan oleh Linda Abrtoshuk dari Yale University, merujuk pada sebutan mereka yang memiliki sensitivitas berlebih akan rasa dibandingkan dengan orang-orang kebanyakan. Jika si kecil merupakan seorang supertasters, maka rasa tertentu akan terasa amat kuat bagi mereka, misalnya sup jagung manis akan terasa terlalu manis di lidahnya sehingga membuatnya malas makan.
 

source: https://media.front.xoedge.com/images/76f55a71-71be-4024-9adb-8adfdd502859~rs_1080.h
baca juga

5. Bermain dengan makanan
Biasanya bermain dengan makanan dianggap berseberangan dengan etika di meja makan. Namun tahukah Moms, salah satu upaya untuk membuat seorang anak mau memakan makanannya justru dengan membiarkannya bermain dengan makanannya terlebih dahulu. Moms bisa meletakkan brokoli di sebuah piring bersama mainannya. Biarkan ia mengenali tekstur, aroma, serta meremas-remasnya terlebih dahulu. Saat ia sudah merasa nyaman dengan makanan  tersebut, barulah ambilkan makanan sejenis yang masih bersih untuk ia makan.
 

source: http://mumsgrapevine.com.au/site/wp-content/uploads/2018/05/playing-with-spaghetti.jpg


 

6. Kebiasaan makan ibu menyusui
Tahukah Moms, makanan yang biasa Moms makan saat menyusui memengaruhi rasa ASI. Jika Moms terbiasa makan sayur dan buah saat menyusui, misalnya, maka bayi juga sudah terbiasa dengan rasa buah dan sayur sehingga saat dirinya nanti memakan sayur dan buah sudah familiar dengan rasanya.
 

source: https://www.momjunction.com/wp-content/uploads/2015/11/Breastfeeding-Tips-For-New-Moms-.jpg