Dapat Menenangkan

Ketika lahir bayi kamu akan refleks mengisap sangat kuat. Beberapa bayi mungkin telah mengisap jempol atau jari mereka saat di dalam kandungan. Tapi tahukah kamu bahwa perilaku mengisap bisa membuat bayi kamu kesakitan. Nah, di sinilah empeng bayi menjadi penolong, pasalnya alat ini dapat memberi bayi kepuasan jangka pendek sementara kamu sedang menyiapkan botol susu, mengganti popok atau menyelesaikan tugas lain yang menyebabkan buah hati kamu menangis.

Selain itu, empeng juga dapat menjadi gangguan sementara antara menyusui atau selama vaksinasi. Meski demikian, seharusnya empeng bayi tidak menjadi metode pertama untuk menenangkan bayi kamu. Sebagai gantinya, kamu harus mencoba metode lain seperti mengayun, menggendong sambil menggoyangnya perlahan atau beri makan terlebih dahulu.

Dapat Menenangkan
source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Bantuan Tidur

Saat si kecil mengalami gangguan tidur atau rewel, empeng dapat membantu bayi tertidur. Ini dapat membantu bayi tetap tenang saat ia sedang berjuang untuk tidur. Dan manfaat yang paling mencengangkan bahwa, risiko kematian bayi mendadak (SIDS) dapat dikurangi dengan penggunaan empeng. Di sisi lain, ini merupakan pengembangan ketergantungan pada empeng sampai tidur, yang menyebabkan bayi terbangun sering jika empengnya jatuh.

Bantuan Tidur
source: http://nakita.grid.id


 

Pembentukan Kebiasaan

Seorang anak dapat mengembangkan kebiasaan mengisap jempol atau jari tapi empeng bisa dibuang bila saatnya menghentikan alat ini. Alat ini bisa menjadi kebiasaan yang lebih mudah untuk istirahat daripada membuat si kecil berhenti mengisap tangan atau jari. Meski empeng kurang membentuk kebiasaan dibanding jari, bakteri bisa membusuk, memburuk dan menjadi hilang. Sehingga kamu disarankan untuk sering membersihkan empeng bayi kamu dengan benar.

Pembentukan Kebiasaan
source: http://wartakesehatan.com