Sebelum membahas lebih rinci mengenai cara alami meredakan rasa sakit saat kontraksi, Moms perlu tahu bahwa rasa sakit saat melahirkan disebabkan oleh kontraksi otot-otot rahim, sebagai usaha untuk mendorong bayi keluar. Rasa sakit ini juga disebabkan oleh pembukaan pada leher rahim untuk jalan keluarnya bayi. Rasa sakit pada saat kontraksi biasanya perut kram, pangkal paha, dan punggung bawah. Tapi Moms tak usah khawatir, kita bisa mengatasinya dengan cara alami berikut.

5 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Saat Melahirkan
source: https://birthwithoutfearblog.com/

Hypnobirth
Mungkin banyak dari kita yang mengenal cara ini ya Moms? Ya, hypnobirth yang merupakan teknik untuk menghilangkan rasa takut, gelisah, dan tegang saat menjalani proses melahirkan, tentunya juga menghilangkan sakit saat kontraksi. Biasanya hypnobirth dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang nyaman selama proses melahirkan yang tentunya dibantu oleh Dads. Biasanya teknik yang diterapkan adalah relaksasi, pernapasan, visualisasi, vokalisasi, panduan perumpama, dan perhitungan. Dalam hypnobirth kita memang diharuskan untuk bisa melahirkan bayi secara alami, maka Moms harus bisa mensugesti bisa menghilangkan rasa takut tersebut dan jangan menolak segala teknik yang diterapkan ya Moms.

Akupuntur

5 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Saat Melahirkan
source: https://www.bidankita.com/

Seperti yang kita ketahui, teknik akupuntur berasal dari Cina yang sudah terbukti menyembuhkan banyak penyakit. Akupuntur juga bisa mengatasi sakit saat melahirkan, membantu melancarkan proses melahirkan yang terlambat, mengatasi kelahiran dengan posisi janin posterior (lintang), bahkan mengatasi masalah-masalah yang hendak terjadi pasca melahirkan atau memulihkan kita setelah menjalani proses melahirkan. Pastikan Moms memilih ahli akupuntur yang memang khusus menangani proses melahirkan.

baca juga

Mengubah Posisi Saat Kontraksi

5 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Saat Melahirkan
source: https://popmama.com/

Rasa nyaman mengenai posisi saat melahirkan sangatlah penting, posisi-posisi yang direkomendasikan untuk meredakan sakit kontraksi saat proses melahirkan, di antaranya posisi jongkok, posisi intuitif (bersimpuh dengan mengangkat satu kaki), duduk di atas gym ball, dan bersimpuh.

Hidroterapi

5 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Saat Melahirkan
source: https://popmama.com/

Kita juga tentunya merasakan bahwa mandi menggunakan air hangat itu memang menenangkan. Nah, ibu hamil pun bisa melakukan mandi air hangat sebagai terapi saat merasakan kontraksi. Peran Dads juga dibutuhkan saat melakukan terapi ini, Dads bisa membantu memegang dan menyirami Moms. Posisi Moms duduk di bangku dan Dads mengarahkan handheld shower ke perut atau punggung. Terapi ini dipercaya bisa menenangkan kita dan mengurangi rasa sakit saat kontraksi.

baca juga

Lamaze dan Bradley

5 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Saat Melahirkan
source: https://mamanatural.com/

Kedua teknik ini hampir sama, yaitu mengenai relaksasi dan teknik pernapasan. Kedua teknik ini juga biasanya kita pelajari di kelas ibu hamil dan alangkah lebih baiknya Dads juga ikut mempelajarinya ya. Teknik-teknik ini juga dapat membantu kita mengubah pikiran mengenai rasa sakit saat melahirkan lho Moms.

Semoga proses persalinan Moms berjalan lancar, ya!