Di antara alat media menggambar atau mewarnai, krayon merupakan salah satu peralatan sekolah anak yang menjadi andalan karena lebih mudah digunakan untuk mendapatkan sentuhan yang halus. Krayon sendiri merupakan sebuah produk yang terbuat dari campuran solid wax (lilin padat) dengan berbagai pigmen warna. Adapun krayon pastel yang terbuat dari campuran pigment expender dan minyak cair yang akan membuat lapisan warna menarik karena sentuhan warna yang ringan dan halus.

Benarkah Kandungan dalam Krayon Berbahaya? Perhatikan Sebelum Memakainya Moms!
source: http://grid.id/

Namun meskipun mudah dan terlihat menarik, ada yang perlu diperhatikan dari kandungan krayon sendiri. Setiap orang tua harus lebih waspada terhadap penggunaan krayon sebagai alat menggambar atau mewarnai. Pasalnya krayon kemungkinan mengandung abses. Dalam beberapa penelitian terdapat krayon yang mengandung bahan berbahaya untuk anak-anak. Abses merupakan mineral yang dapat menyebabkan kanker, menyebabkan masalah pernapasan dan masalah kesehatan jangka panjang.

Hal tersebut dapat diketahui melalui aroma krayon yang menyengat. Khawatirnya adalah ketika krayon mengotori tangan anak-anak. Abses memang dapat menyebabkan masalah serius. National Cancer Institute mencatat bahwa orang-orang terpapar pada tingkat rendah abses setiap harinya. Krayon yang menjadi objek penelitian adalah krayon dari merek Playskool yang sebelumnya ditemukan pada krayon berwarna hijau. Kemudian Lempbaga Penelitian Kepentingan Publik AS Foundation kembali meneliti enam jenis krayon yang berbeda dan hasilnya adalah hanya merek Playskool yang mengandung abses.

Benarkah Kandungan dalam Krayon Berbahaya? Perhatikan Sebelum Memakainya Moms!
source: https://amazon.com/

Meskipun penelitian sebelumnya telah menyatakan kenyataannya, tetap saja orang tua perlu berhati-hati dalam memilih krayon sebagai alat mewarnai atau menggambar untuk anak-anaknya. Sebelum benar-benar memakai krayon, orang tua perlu memperhatikan perihal krayonnya itu sendiri. Memilih berdasarkan jenis krayon sesuai dengan gaya. Untuk anak, crayon jenis bees wax adalah yang paling direkomendasikan. Krayon ini berasal dari sarang lebah yang dihancurkan dengan halus yang kemudian dipadatkan dan dicetak. Bahan alami ini akan membuat orang tua lebih aman membiarkan anak-anaknya menggunakan krayon. Krayon jenis ini juga menghasilkan warna yang menarik. Tak hanya krayon saja, Moms juga perlu memilih peralatan sekolah anak yang aman, terutama bagi kesehatannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.