Perut Lebih Cepat Kosong

Ketika hamil, perut lebih mudah kosong karena tubuh efisien membagi dan mengeluarkan energi. Perut yang kosong membuat dinding perut menempel dan saling bergesekan sehingga timbul sensasi menyakitkan dalam perut yang disebut lapar.

Ibu Kurang Tidur

Kurangnya jam tidur bagi ibu hamil itu wajar Moms. Ibu hamil merasa tidak nyaman sehingga sulit tidur. Nah akibatnya, Ibu hamil jadi mudah lapar karena peningkatan hormon ghrelin. Sehingga ibu hamil disarankan cukup istirahat agar sensasi lapar yang berlanjut makan yang tidak perlu ini berkurang.

baca juga

Stress Kehamilan

Selama hamil, kadang kita memikirkan banyak hal ya Moms? Ada banyak kekhawatiran yang kita miliki terkait kehamilan, baik masalah janin maupun proses persalinan nanti. Stress dapat menjadi pemicu rasa lapar yang terus menerus. Akibatnya, Moms mencari makanan apapun untuk memuaskan rasa lapar itu. Perut kenyang, membuat mood kamu lebih baik. Bukan begitu Moms?

Pertumbuhan Janin

Seiring dengan pertumbuhan janin, janin membutuhkan nutrisi yang sama dengan sang Ibu. Kehamilan membuat ibu harus membagi nutrisinya dengan janin. Otak ibu akan mengirimkan sinyal dengan cara memakan sebanyak mungkin makanan agar bayi juga tercukupi kebutuhan nutrisinya. Namum benarkah demikian?

 

baca juga
Nutrisi yang diserap ibu memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Tapi tidak hanya itu, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi untuk persiapan kelahiran dan menyusui kelak. 

Kebutuhan nutrisi yang kamu dan janin butuhkan juga tidak main-main lho Moms. Janin membutuhkan lebih sekedar protein, tapi asam lemak omega 3 dan zat besi untuk tumbuh kembang janin.

Dilansir dari webmd.com, nutrisi yang baik seringkali disalah-artikan dengan karbohidrat dan kalori. Sehingga Ibu hamil memilih makanan mengenyangkan. Padahal kalori sangat dibutuhkan apabila Ibu hamil memiliki banyak aktivitas. Tapi jika tidak, ibu hamil disarankan untuk memilih makanan yang kaya protein, serat, asam lemak dan mikronutrien lain yang penting bagi janin.

Jadi, meskipun lapar, tetap harus pilah makanan ya, Moms.