Kalau Bayi Susah BAB Selama 3 Hari...

Normalnya bayi yang diberi ASI, BAB 3-5 kali, bahkan ada yang sampai 8 kali dalam sehari. Kalau bayi tidak BAB selama 3 hari, kamu perlu curiga. Kemungkinan ada masalah pada sistem pencernaan bayi. Bayi susah BAB selama 3 hari kemungkinan mengalami sembelit atau konstipasi. Selain susah BAB, sembelit juga bisa dilihat dari reaksi bayi yang rewel ataupun menangis karena perutnya sakit. Sembelit ini bisa disebabkan karena bayi kurang cairan atau tidak lancar menyusu. Untuk itu, Moms perlu mengecek apakah selama ini ASI lancar atau ada masalah menyusu pada bayi. 
 
source: https://soumamae.com.br

 

Kalau Bayi Susah BAB dan Sering Kentut...

Kamu pasti khawatir kalau si bayi susah BAB dan sering kentut yang bau. Salah satu penyebab bayi sering kentut dan berbau karena meminum ASI dari ibu yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung gas. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung gas seperti kol, soda, produk susu dan lain sebagainya. 

Selain itu, posisi menyusui yang keliru bisa membuat udara atau gas ikut masuk ke dalam perut bayi ketika sedang menyusu. Untuk itu, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung gas dan pedas selama menyusui ya, Moms. Posisi menyusui juga perlu diperhatikan! 
 
source: https://www.youngparents.com.sg

 
baca juga

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 1 Bulan

Mengatasi bayi susah BAB cukup mudah kok, Moms. Terapkan langkah-langkah berikut: 
  • Tetap berikan bayi ASI, karena di dalam ASI mengandung banyak nutrisi dan zat pencahar yang bisa melancarkan sistem pencernaan. 
  • Saat susah BAB, perut bayi pun terasa sakit. Pijat bagian perut di bawah pusar secara perlahan untuk menenangkan bayi. 
  • Coba baringkan bayi dan gerakkan kakinya seperti mengayuh sepeda. Gerakan ini akan membantu mendorong feses. 
  • Hindari memberikan susu formula karena malah akan membuat feses pada dan susah dikeluarkan. 
source: https://www.youngparents.com.sg

 

Kenapa Bayi Makin Susah BAB Setelah MPASI?

Pada masa-masa MPASI, jangan heran jika bayi makin susah dan jarang BAB ya, Moms. Feses bayi pun lebih keras dari sebelumnya. Hal ini normal dan wajar-wajar saja kok. Ini dikarenakan sistem pencernaan bayi masih beradaptasi dengan makanan baru yang masuk ke dalam tubuhnya. Inilah mengapa bayi makin susah BAB setelah MPASI. Untuk membantu bayi kembali lancar BAB, coba berikan MPASI berupa perasan buah pir atau apel. Buah ini mengandung banyak air sehingga bisa melancarkan BAB. 
 
source: https://www.youngparents.com.sg

 
baca juga

Bayi Susah BAB Karena Minum Susu Formula

Dibanding bayi yang diberi ASI, bayi yang minum susu formula (sufor) lebih susah BAB. Sufor lebih sulit untuk dicerna sehingga menyebabkan gerakan usus lebih lambat, sehingga BAB menjadi lebih jarang. Feses pun lebih tebal dan susah dikeluarkan. Kalau bayi diberikan susu formula, coba siasati dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi tidak kurang minum atau kekurangan cairan. 
 
source: https://www.youngparents.com.sg

Itu dia serba-serbi tentang alasan di balik bayi susah BAB, Moms!