Hamil Diluar Kandungan Itu Apa Sih?

Hamil diluar kandungan adalah biasa disebut juga kehamilan ektopik, merupakan kehamilan yang terjadi pada sel telur yang menempel pada tempat di luar rahim. Biasanya kehamilan jenis ini sering berakhir dengan aborsi, karena telur yang telah dibuahi tidak bisa berkembang dan akhirnya mengakibatkan kematian pada janin. Kehamilan ektopik kebanyakan terjadi pada tuba falopi yang disebut kehamilan tuba. Namun, kehamilan diluar rahim ini juga bisa terjadi dalam rongga perut, ovarium atau indung telur, dan leher rahim atau serviks.

Hamil Diluar Kandungan Itu Apa Sih?
source: http://yvc-i-gc012.blogspot.com/

Kehamilan Diluar Kandungan Dapat Dicegah Lho!

Bagi para pasangan, kehamilan diluar kandungan tentu sangat tidak diinginkan. Tentu semua pasangan menginginkan kehamilan yang normal dan sehat. Lalu, bagaimana cara mencegah hamil diluar kandungan? Untuk mencegah kehamilan jenis ini, Moms tentu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Di antaranya adalah penyakit radang panggul, merokok, penyakit seksual menular, penggunaan obat kesuburan, penggunaan alat kontrasepsi, dan memiliki riwayat ektopik.
Kehamilan Diluar Kandungan Dapat Dicegah Lho!
source: https://carakandungancepat.com/bagaimana-cara-mencegah-kehamilan-ektopik-hamil-diluar-kandungan/
Nah, untuk mencegah kehamilan diluar kandungan, Moms bisa menghindari faktor-faktor yang tadi disebutkan. Sedangkan bagi ibu hamil bisa melakukan tes USG pada awal kehamilan. Hal ini berguna untuk mengetahui perkembangan janin sejak dini.
baca juga

Kasus Hamil Diluar Kandungan yang Berhasil

Meski biasanya kehamilan diluar kandungan berakhir dengan aborsi, namun ada lho kasus kehamilan diluar kandungan yang bayinya berhasil lahir dengan selamat. Kasus kehamilan diluar kandungan yang berhasil selamat ini terjadi di Kabupaten Jembrana, Bali. Menurut ayah dari Bayi ini, sejak awal kehamilan janin sudah diketahui tumbuh di dinding perut ibunya. Namun, ibu dan bayi berhasil diselamatkan. Selain itu, menurut dokter yang menangani kasus tersebut mengatakan jika kasus kehamilan diluar kandungan dengan bayi selamat hanya 1 berbanding 9000.

Kasus Hamil Diluar Kandungan yang Berhasil
source: https://www.antaranews.com/berita/374269/bayi-di-luar-rahim-lahir-selamat

Kasus kehamilan diluar rahim sebenarnya cukup sering terjadi. Tetapi yang ini menjadi langka karena bayinya selamat hingga cukup umur untuk dikeluarkan dari perut ibunya.

Berapa Sih Biaya Operasi Hamil Diluar Kandungan?

Untuk kehamilan diluar kandungan yang tidak bisa dipertahankan, maka dokter akan mengambil langkah operasi yang disebut Laparoskopi, yaitu metode operasi dengan memasukkan jarum yang ditusukkan pada kulit perut. Operasi ini bertujuan untuk menyingkirkan saluran telur yang robek. Laparoskopi merupakan teknik operasi baru yang memudahkan dokter untuk mengoperasi pasien tanpa harus melakukan sayatan yang besar. Operasi ini menggunakan alat dan teknik yang baru dan canggih, karena dokter dan tim medis tidak hanya mengeluarkan janin, namun juga untuk memastikan organ tubuh ibu hamil bisa berjalan dalam kondisi yang baik. Misalnya saja, kondisi tuba falopi masih memungkinkan untuk diperbaiki, maka dokter akan memperbaikinya. Tetapi apabila tidak memungkinkan, maka saluran ini perlu dipotong. Dan operasi Laparoskopi ini bisa menghabiskan biaya sekitar 20-70 juta rupiah.
 

Berapa Sih Biaya Operasi Hamil Diluar Kandungan?
source: https://www.liputan6.com/

Namun, kehamilan diluar kandungan juga bisa ditangani tanpa operasi, yaitu dengan cara pemberian obat-obatan. Tetapi dengan syarat kehamilan diluar kandungan ini masih berukuran dibawah 3 cm, solusi untuk pengobatannya bisa menggunakan obat-obatan. Jika sudah tumbuh diatas 3 cm, maka harus dilakukan operasi Laparoskopi dan juga mengkonsumsi obat-obatan.

Jadi, jika Moms merasakan tanda-tanda gejala kehamilan diluar kandungan, segera pergi ke dokter, ya Moms. Karena semakin cepat kehamilan ini diketahui, maka akan semakin cepat penangannya.