Bayi Susah BAB 3 Hari?
 

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Bayi 6 Bulan Susah BAB, Aman Nggak, Ya?
source: https://www.tesco-baby.com/


Salah satu organ tubuh yang paling rentan pada bayi adalah pencernaan. Tidak heran jika bayi tidak cocok dengan asupan makanannya, pencernaan akan menjadi bagian yang dipengaruhi dengan cepat. Itulah sebabnya para orang tua pasti akan menjadi khawatir saat bayi susah BAB selama 3 hari atau bahkan lebih. Sebab, setidaknya bayi akan buang air besar 1 kali sehari atau bahkan 2 kali sehari. Penyebab kondisi ini pun beragam, mulai dari ketidakcocokan dengan makanan, dehidrasi, hingga luka pada saluran pencernaan.
 


Bayi Susah BAB dan Sering Kentut
 

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Bayi 6 Bulan Susah BAB, Aman Nggak, Ya?
source: https://wholesomebabyfood.momtastic.com/


Kondisi lain yang juga kerap menimbulkan khawatir adalah bayi menjadi semakin jarang BAB disertai dengan kebiasaan kentut yang sangat bau. Bahkan, lebih bau dari biasanya. Jika bayimu mengalami hal ini, kamu harus segera menyelidiki, apa yang menjadi penyebabnya seperti itu? Waspadai bahaya yang mengintai, tetapi tetaplah tenang dan tidak gegabah dalam melakukan tindakan. 
 

baca juga


Bayi Susah BAB Setelah MPASI
 

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Bayi 6 Bulan Susah BAB, Aman Nggak, Ya?
source: https://www.mom365.com/


Salah satu penyebab bayi susah buang air besar adalah proses adaptasi di awal MPASI. Pasalnya, usus bayi masih berada dalam proses adaptasi dari yang biasanya hanya mencerna ASI kini harus bisa mencerna makanan pendamping dengan beragam bentuk dan tekstur. Dengan kata lain, susah BAB setelah MPASI merupakan kondisi yang wajar. Itu juga yang menyebabkan para orang tua lebih disarankan untuk memberikan menu MPASI bertahap untuk memberikan waktu bagi tubuh si kecil dalam beradaptasi dan mengetahui jika ada potensi alergi dan ketidakcocokan.
 


Bayi Susah BAB Umur 6 Bulan
 

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Bayi 6 Bulan Susah BAB, Aman Nggak, Ya?
source: https://www.baby-chick.com/


Nah, mengingat pemberian MPASI biasanya dilakukan saat bayi memasuki usia 6 bulan, maka umum pada bayi 6 bulan susah BAB. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pemijatan dan memperbanyak asupan serat pada menu makanan pendamping ASI-nya. Jadi, upayakan untuk memilih menu yang tepat, Moms.
 

baca juga


Penggunaan Minyak Kelapa untuk Atasi Bayi Susah BAB
 

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Bayi 6 Bulan Susah BAB, Aman Nggak, Ya?
source: https://www.medicalnewstoday.com/


Nah, untuk kamu yang ingin mencoba cara alami mengatasi sembelit pada bayi, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa. Untuk bayi dengan usia 6 bulan ke atas, kamu dapat menggunakan dua hingga tiga mililiter minyak kelapa ke dalam menu makanan bayi. Namun, jika bayimu berusia kurang dari 6 bulan, ada baiknya untuk menggunakan minyak kelapa sebagai bahan olesan di sekitar anus untuk melancarkan kotoran.

Selamat mencoba ya, Moms!