Tak bisa dipungkiri bahwa masa menyusui adalah masa paling penting di awal tumbuh kembang bayi. Sebagian besar ibu juga berusaha untuk memberikan ASI eksklusif sepanjang enam bulan pertama, sebelum bayi mulai dikenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI). Karenanya, bantal menyusui ini pasti akan terpakai dalam jangka waktu yang lama.

Bantal Menyusui yang Bagus

Ada beberapa posisi menyusui yang nyaman untuk ibu dan bayi, di antaranya posisi cradle, cross-cradle, football, serta lying down atau berbaring. Nah, bantal menyusui ini bisa membantu mom untuk menopang si kecil agar tidak mudah lelah dan bayi juga lebih nyaman. Bentuknya mirip seperti bantal leher, namun dengan ukuran yang lebih besar.

Bantal Menyusui yang Bagus
source: http://ibu-ibu.net/

Bantal menyusui yang bagus seharusnya pas melingkar di pinggang ibu dan berkualitas bagus. Pada umumnya bantal ini berisi bahan silikon, dan bagian luarnya berupa kain katun. Selain ketebalan harus pas, bantal menyusui juga harus dingin, tidak membuat bayi gerah atau gatal. Karenanya lapisan dan sarung bantal ini menggunakan bahan katun.

baca juga

Ukuran Bantal Menyusui

Bantal menyusui yang beredar di pasaran biasanya berukuran 50 x 60 cm. Ketebalannya selebar pinggang atau perut, sampai bawah payudara ibu. Dengan ukuran sebesar itu, bantal ini tak hanya berfungsi saat menyusui saja, tapi juga bisa dipakai untuk menyandarkan si kecil yang ingin bersantai, belajar duduk, atau mulai minum susu sendiri dari botol.

Ukuran Bantal Menyusui
source: https://www.pinterest.com/

Tak hanya untuk menyusui langsung dari payudara, bantal ini memang juga nyaman dipakai untuk menyusui bayi yang sudah menggunakan botol. Ibu atau ayah bisa meletakkan tangan, terutama bagian siku dengan nyaman di bantal, agar tidak kelelahan memegang botol. Ini baik untuk mengurangi keluhan para orang tua baru yang masih beradaptasi.

Bantal Menyusui Snobby

Punya beberapa desain motif sederhana dengan warna yang lembut, bantal menyusui Snobby tak hanya bisa dipakai untuk menyusui saja. Ada dua fungsi lain, untuk bayi dalam posisi tidur, dan juga bayi dalam posisi duduk. Untuk kedua posisi tersebut, bayi bisa lebih aman karena bantal ini dilengkapi safety belt.  

Bantal Menyusui Snobby
source: https://www.tokopedia.com/
baca juga

Bantal Menyusui Mothercare

Bantal menyusui dari Mothercare, 10-in-1 Nursing Pillow dibuat dari ClevaFoam yang sudah teruji secara ilmiah bisa membantu mencegah Flat Head Syndrome. Tak hanya untuk menyusui, bantal ini juga nyaman dan bermanfaat dari masa kehamilan hingga si kecil berusia dua tahun. So, produk ini memang paling pas untuk kado bayi lucu.

Bantal Menyusui Mothercare
source: http://tidakbenar.abatasa.co.id/

Bantal Menyusui Omiland

Sarung bantal 100% dari bahan katun dan bisa dicuci, sedangkan isiannya dari bahan dacron silicone. Dengan ukuran 57 x 15 x 62 cm, bantal menyusui ini sangat membantu mommy agar proses menyusui lebih nyaman. Bayi tak perlu digendong dan ibu tidak perlu membungkuk saat menyusui. Lengan ibu pun tidak pegal, karena bayi diletakkan di bantal.

Bantal Menyusui Omiland
source: https://www.tokopedia.com/

Nah, dari tiga brand yang menyediakan produk bantal menyusui di atas, mom bisa pilih yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing juga punya kelebihan dan motif khas, yang semuanya pas untuk kado bayi lucu. Yuk moms, segera tentukan pilihan.