Persalinan Bayi Vaginal dan Caesar, Mana yang Lebih Baik?
 

Operasi Caesar, Apakah Benar Lebih Mudah untuk Kelahiran Bayi?
source: https://www.bukumedis.com/


Sebelum mengetahui perbedaan persalinan vaginal dan persalinan caesar, hal utama yang perlu diingat oleh semua wanita adalah tidak ada proses persalinan yang lebih baik di antara yang lainnya. Baik itu kelahiran bayi normal maupun caesar, keduanya sama-sama membutuhkan energi, pengorbanan, dan perjuangan seorang ibu. Selain itu, perbedaan antar dua metode persalinan ini hanyalah seputar metode dan teknik yang dilakukan saja. Dalam menentukan persalinan mana yang akan kamu jalani, tentu akan bergantung pada kebutuhan, kondisi, serta keinginan dari sang ibu.
 


Pertimbangan Memilih Kelahiran Bayi Normal Atau Caesar 
 

Operasi Caesar, Apakah Benar Lebih Mudah untuk Kelahiran Bayi?
source: https://www.alodokter.com/


Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa persalinan vaginal dan persalinan caesar memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan. Beberapa di antaranya adalah jenis luka persalinan, lama persalinan, perawatan setelah persalinan, jarak kelahiran yang dianjurkan, hingga biaya yang dibutuhkan. Itulah sebabnya kamu harus mempertimbangkan dengan baik, cara persalinan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhanmu.
 

baca juga


Kelahiran Bayi Kembar
 


Perlu diingat, untuk kelahiran bayi kembar, kebanyakan dokter akan menyarankan para ibu untuk melakukan operasi caesar. Faktanya, 6 dari 10 kelahiran kembar dilakukan dengan operasi caesar. Meskipun begitu proses persalinan vaginal juga bukanlah hal yang mustahil, asalkan kondisi ibu, janin, dan kehamilan dalam keadaan yang baik dan sehat.
 


Video Persalinan Bayi Caesar

Bagi kamu yang penasaran seperti apa gambaran persalinan dengan operasi caesar, kamu dapat menonton video di bawah ini. 
 

youtube:0WsWIxTHHGc
source: https://www.youtube.com/watch?v=0WsWIxTHHGc
persalinan caesar pasien cantik dari Sidoarjo


Sebenarnya, tindakan operasi caesar hanya dapat dilakukan oleh dokter karena memerlukan beberapa tindakan medis dan perlengkapan khusus yang hanya disediakan oleh rumah sakit dan dokter. Meskipun ada banyak video persalinan caesar oleh bidan, ada baiknya kamu tidak terpengaruh dan tetap melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan.
 

baca juga


Video Persalinan Normal di Bidan

Sebagai pembanding, kamu juga dapat menyimak bagaimana proses persalinan normal di bidan dalam video berikut ini.
 

youtube:Hc6jvWK3ANU
source: https://www.youtube.com/watch?v=Hc6jvWK3ANU
proses ibu melahirkan bayi normal di rumah - giving birth story


 


Pemulihan Setelah Persalinan
 

Operasi Caesar, Apakah Benar Lebih Mudah untuk Kelahiran Bayi?
source: https://www.vebma.com/


Perlu diingat, persalinan dengan menggunakan operasi caesar membutuhkan waktu pemulihan yang tidak sebentar. Meskipun durasi proses tindakan relatif singkat, para ibu yang melahirkan dengan tindakan operasi caesar baru akan diizinkan untuk pulang 3 hari setelah melahirkan. Berbeda dengan persalinan vaginal yang dapat diizinkan langsung pulang pada hari persalinan. Selain itu, perawatan lukanya pun perlu diperhatikan dengan baik karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali pulih. Bahkan, ibu yang baru saja menjalani operasi caesar baru boleh hamil lagi setelah setidaknya 1,5-2 tahun kemudian.
 


Kelahiran Bayi Normal, Berapa Minggu?
 

Operasi Caesar, Apakah Benar Lebih Mudah untuk Kelahiran Bayi?
source: http://style.tribunnews.com/


Nah, untuk kelahiran bayi normal pada umumnya berlangsung pada usia kandungan 38-41 minggu. Jika lebih cepat akan disebut sebagai kelahiran prematur, yaitu kelahiran dengan usia kandungan di bawah 38 minggu, para ibu juga dapat menjalani tindakan kelahiran vaginal dan caesar sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini, proses persalinan akan ditentukan oleh kebutuhan, kondisi, serta bukaan yang didapatkan. Namun, jika bayi masih belum lahir setelah 41 minggu masa kehamilan, kamu akan dianjurkan untuk menjalani tindakan operasi caesar.