1. Posisi Menyusui yang Benar Agar Tidak Lecet

Saat akan memberikan ASI, Moms harus memastikan posisi dada bayi berada di bagian dada Mom, kemudian arahkan bibir bayi ke puting ketika mulutnya sudah terbuka lebar. Pastikan mulut bayi masuk ke wilayah areola (bagian gelap sekitar puting-red), posisi menyusui ini sangat dianjurkan. Sebab, jika bagian areola tidak masuk ke seluruh mulut, sang bayi hanya menghisap melalui puting sehingga menyebabkan lecet.

2. Posisi Menyusui yang Benar Agar Tidak Gumoh
Pastikan buah hati mengonsumsi susunya dalam keadaan tenang dan tidak nangis. Jangan sampai bayi merasa terlalu lapar sehingga akan terburu-buru menyusunya hal ini menyebabkan bayi tersedak dan juga gelisah dalam menyusui. Usai menyusui dan merasa kenyang, posisikan bayi seperti digendong ke arah pundak Mom, tepuk bagian lengan bayi perlahan dan biarkan ia sendawa.
 

 
Hal yang tidak kalah penting dalam menyusui bayi adalah dengan menggunakan posisi yang benar. Ibu bisa memilih posisi yang baik dan benar dalam menyusui bayi.
source: https://hamil.co.id/pasca-hamil/menyusui/menyusui-sambil-tiduran




 

3.  Posisi Menyusui yang Benar pada Bayi
Moms harus memastikan posisi dada bayi sejajar dengan dada Moms. Sehingga sang bayi dapat dengan mudah menjangkau sumber ASInya dan merasa nyaman saat menyusui. Pastikan kepala bayi tegak dan hidung serta wajah tidak tertutup payudara karena akan membuatnya sulit bernapas. 
 

source: https://pondokibu.com/uploads/2014/09/posisi-menyusui.gif



4. Posisi Menyusui yang Benar Saat Tidur
Dilansir dari hamil.co.id, Posisi ini merupakan posisi yang menjadi kegemaran ya Moms. Pastikan perut bayi dan perut Moms bisa bertemu sehingga bayi tidak perlu memutar kepalanya agar bisa menyusu. Posisi ini akan meletakkan kepala bayi dalam dekapan dan Moms bisa menyokong kepala dan juga punggung bayi agar lengan bayi tetap berada di sisi Moms. 

1. Posisi Menyusui yang Benar Agar Tidak Lecet
source: http://alodokter.com
baca juga


5. Video Cara Menyusui dengan Benar
Jika masih bingung bagaimana menyusui dengan benar, berikut ini adalah video cara menyusui dengan benar yang bisa Moms praktekkan di rumah. Selamat MengASIhi, Moms!

youtube:zjnh0-FY-Vg
source: https://www.youtube.com/watch?v=zjnh0-FY-Vg&vl=en
Ketika ibu muda sedang belajar menyusui Bayi