Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Baking powder adalah salah satu bahan utama yang sering digunakan dalam membuat kue. Serupa tapi tak sama, kita juga mengenal bahan pembuat kue lainnya yakni baking soda.Terkadang orang suka salah mengira kalau baking powder dan baking soda adalah produk yang sama, padahal kedua produk tersebut berbeda. Perbedaan baking soda dan baking powder terletak dari campuran bahan yang digunakan. Keduanya memang berbahan dasar sama yaitu natrium bikarbonat, akan tetapi untuk baking powder memiliki campuran krim tartar yang membuatnya bersifat asam. Dalam pembuatan kue, penggunaan baking powder akan membuat hasil masakan menjadi renyah, sehingga cocok diaplikasikan pada pembuatan kue kering.

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda
source: https://www.healthline.com/

Selain perbedaan baking soda dan baking powder, orang pun sering bertanya, apakah baking powder sama dengan fermipan? Meskipun keduanya sama-sama berfungsi sebagai pengembang, namun keduanya adalah dua produk yang berbeda. Fermipan adalah sebuah merek dagang dari produk ragi. Di sini, fermipan hanya digunakan untuk mengembangkan adonan roti, sedangkan baking powder bisa digunakan untuk adonan kue dan keik.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder dalam Kecantikan

Selain bermanfaat dalam pembuatan kue dan makanan. Baking soda dan baking powder ternyata memiliki fungsi dalam kecantikan. Seperti dalam penggunaannya dalam pembuatan kue, baking soda dan baking powder digunakan dengan fungsi yang berbeda dalam kecantikan. Perbedaan terletak pada bagaimana keduanya mempengaruhi ph kulit Anda. Banyak pro dan kontra terkait penggunaan baking soda untuk kecantikan, karena dianggap dapat mengganggu ph alami kulit. Sedangkan sumber lain menyebutkan kalau penggunaan baking powder sebagai bahan kecantikan relatif lebih aman, karena ph-nya yang lebih mendekati ph kulit kita. Meskipun begitu, Moms tetap harus memperhatikan kondisi kulit saat Anda saat menggunakannya ya.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder dalam Kecantikan
baca juga

Baking Powder Untuk Gigi

Ternyata baking powder juga bermanfaat untuk memutihkan gigi kita lho Moms. Baking powder bisa membantu dalam menghilangkan karang gigi. Caranya sangat mudah, yaitu cukup mencampurkan baking powder dengan air sampai berbentuk seperti pasta, kemudian gosokan ke gigi lalu diakhiri dengan berkumur air hangat. Dengan rutin melakukannya, Moms akan terbebas dari karang gigi.

Baking Powder Untuk Gigi

Baking Powder untuk Wajah

Selain menjaga kesehatan gigi, baking powder juga berfungsi untuk menghilangkan komedo di wajah. Caranya cukup dengan mencampurkan 1/2 sdt baking powder dengan 1 sendok teh air. Aduk hingga menjadi pasta kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Hasilnya, Moms akan mendapatkan kulit wajah wajah halus bebas komedo. 
Baking Powder untuk Wajah

Nggak cuma itu Moms, baking powder juga bisa digunakan untuk masker penghilang flek-flek hitam pada wajah. Untuk pengaplikasiannya juga sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan baking powder dengan air. Ingat, jangan sampai terlalu encer ya, Moms. Selanjutnya, oleskan ke seluruh wajah kecuali mata dan bibir. Proses ini akan membantu memudarkan flek-flek hitam di wajah.

Nah, tertarik mencoba?