Mpasi yang Tepat untuk Bayi 10 Bulan

Memberikan makanan pendamping ASI untuk buah hati memang gampang-gampang susah ya, Moms. Karena kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan pada si kecil, jangan-jangan perut si kecil belum bisa menerima makanan yang kita berikan. Maka untuk menunjang semua aktivitas si kecil, maka Moms bisa memberikan bubur bayi sehat dengan cara membuat bubur bayi sendiri di rumah. Di usianya yang sudah 10 bulan, Moms bisa memberikan bubur bayi dengan tekstur yang lebih kental. Bubur bayi tersebut bisa Moms buat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging, dan yogurt. Moms juga bisa kok memberikan potongan-potongan kecil wortel matang atau apel kupas untuk melatih si kecil belajar menggenggam dan melatih giginya yang mulai tumbuh.

Mpasi yang Tepat untuk Bayi 10 Bulan
source: https://health.detik.com/

Cara Membuat Bubur Bayi Sendiri - Usia 10 Bulan

Kali ini Moms bisa mencoba memberikan bubur dengan variasi makanan untuk bayi 10 bulan. Berikut Mommyasia akan membagikan resep bubur bayi yang pasti akan menjadi favorit si buah hati.

Apel dan Ayam
Bahan:
1/3 cangkir takar ayam tanpa tulang, potong kecil dan masak hingga matang.
1/4 cangkir takar apel kupas yang sudah dimasak hingga lembut.
Segenggam wortel (opsi).
Sejumput bubuk kayu manis (opsi)

Cara membuat:
Campurkan ayam yang telah dihaluskan, apel, dan wortel kemudian blender menjadi satu. Lalu tambahkan kayu manis. Setelah semua tercampur sempurna, maka bubur bayi siap dinikmati sang buah hati. Jika dirasa terlalu kental, Moms bisa menambahkan sedikit air, ya. 

Cara Membuat Bubur Bayi Sendiri - Usia 10 Bulan
source: https://resepmpasi.com/

Selain resep bubur bayi 10 bulan tadi, Moms juga bisa memberikan makanan pendamping asi berupa bubur bayi organik. Cara membuat bubur bayi organik juga sama kok dengan membuat bubur bayi biasa. Hanya saja, bahan-bahan yang digunakan memiliki label organik. Moms, jangan mudah tertipu ya dengan label organik. Ingat Moms, semua makanan organik di Indonesia pasti disertifikasi oleh BPOM dan SNI. Jadi bila tidak ada kedua label tersebut, Moms perlu waspada ya. Biasakan membaca sebelum membeli ya, Moms.

baca juga

Resep Bubur Bayi 7 Bulan

Moms, makanan pendampin ASI sudah bisa diberikan pada si kecil sejak dia berusia 6 bulan, ya. Namun, tekstur dan tingkat kekentalannya tentu berbeda, karena bayi yang masih berusia 6 bulan baru mulai mengenal rasa dan tekstur makanan. Jadi Moms bisa setiap hari membuat resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi secara bergantian. Hal tersebut bertujuan agar bayi tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Biasanya untuk bayi yang baru berusia 6 bulan, Moms bisa memberikan buah-buahan yang dihaluskan.

Resep Bubur Bayi 7 Bulan
source: http://jogja.tribunnews.com/

Sama seperti resep makanan bayi usia 6 bulan, ketika si kecil mulai menginjak usia 7 bulan, Moms bisa membuatkan resep bubur bayi 7 bulan pada buah hati, namun bahan makanan yang diberikan bertekstur sedikit lebih padat seperti kentang atau beras merah.

Bagaimana, Moms? Sudah siap memberikan makanan pendampin terbaik untuk si kecil?