Penyebab Wajah Berminyak

Untuk mengetahui bagaimana cara merawat wajah berjerawat dan berminyak, kamu harus tahu dulu apa saja penyebab wajah berminyak.

Penyebab Wajah Berminyak
source: https://hellosehat.com/
  • Perubahan Hormon

Biasanya untuk kita yang sedang dalam masa puber atau sedang hamil makan akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang menjadi pemicu produksi minyak berlebihan pada wajah.

  • Produk Kecantikan yang Salah

Salah memilih produk kecantikan ternyata bisa berakibat buruk bagi kulit. Karena jika ternyata produk tersebut tidak cocok dengan kulit kita, maka bukan kulit cantik yang kita dapatkan, namun kulit berminyak dan berjerawat yang didapat. Jadi alangkah baiknya jika kita memahami dulu seperti apa jenis kulit kita.

  • Makanan Berlemak

Banyak mengonsumsi makanan  berlemak bisa mengakibatkan banyaknya produksi minyak pada wajah. Karena itu banyak-banyak menghindari makanan berlemak, ya. Ingat, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak juga tidak baik untuk tubuh kita. 

  • Cuaca

Cuaca juga bisa lho menjadi penyebab wajah berminyak. Karena pergantian cuaca membuat suhu meninhkat dan kulit memproduksi lebih banyak minyak untuk menjaga kelembaban.

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Nah, agar tidak merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa mencoba melakukan cara merawat wajah alami untuk mendapatkan wajah cerah bebas minyak dan jerawat tentunya. Apa saja caranya?
 

Cara Merawat Wajah Secara Alami
source: https://kawaiibeautyjapan.com/
  • Jeruk Nipis 

Jeruk nipis sangat mudah didapat. Kamu bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat. Cara pengaplikasian jeruk nipis sebagai cara merawat wajah berminyak; belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian oleskan secara merata keseluruh bagian wajah. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan air. Kandungan air jeruk nipis tersebut akan meresap ke dalam pori, sehingga minyak pada wajah akan berkurang sedikit demi sedikit.

  • Daun Seledri

Tidak hanya enak untuk campuran bakso dan soto, ternyata seledri juga bisa membantu kamu menghilangkan minyak berlebih pada wajah, lho. Caranya, potong kecil-kecil daun seledri, rebus hingga mendidih. Jika air rebusan sudah dingin, basuhkan air rebusan seledri tadi ke seluruh wajah, dan biarkan mengering dengan sendirinya. Setelah wajah kering, basuk muka dengan air bersih.

Selain untuk mengurangi minyak pada wajah, daun seledri juga sebagai cara merawat wajah berjerawat. Lakukan tersebut setidaknya satu kali dalam sehari. Maka wajah bebas kilap dan jerawat akan kamu miliki. Selamat mencoba ya!