Keterampilan Motorik Anak

Kegiatan seperti memindahkan, meraba, memotong, mengupas dan gerakan lainnya saat bermain masak-masakan, anak dapat mengasah kemampuan motorik halusnya. Bila hal ini dilakukan sesering mungkin, kemampuan motorik halus anak dapat berkembang lebih cepat.

Mengajarkan Anak Berbagi

Permainan masak-masakan anak ala Montessori juga dapat melatih anak untuk berbagi terhadap sesama. Inisiatif ini tumbuh ketika mereka melakukan kegiatan masak masakan bersama. Kebiasaan ini menjadi bekal bagi mereka di dalam kehidupan nyata. Mereka akan menjadi anak yang peduli terhadap orang-orang di sekitarnya, mommy.

baca juga

Mengenalkan Anak Tentang Dunia Masak

Permainan ini dapat mengenalkan tentang dunia masak sesungguhnya kepada anak. Bagaimana proses pengolahan masakan sehingga dapat disantap bersama. Masak-masakan game ini juga dapat melatih rasa tanggung jawab si kecil lho, Moms.

Melatih Kerjasama

Permainan ini tidak khusus untuk masak-masakan anak perempuan saja, lho, tetapi anak laki-laki pun dapat melakukannya Moms. Masak-masakan Montessori ini dapat dilakukan bersama antara si kecil dan temannya atau dengan Moms saja, sehingga si anak mulai dapat belajar bagaimana ia harus berbagi tugas dan ini tentu akan melatih sikap kerjasamanya. 

baca juga

Berikut ini ada beberapa ide kegiatan sederhana ala Montessori yang bisa Moms coba di rumah. Jika anak masih terlalu dini, Moms bisa ajak si kecil untuk bermain dengan tepung jagung, waterbeads atau kacang-kacang kering, dan lain lainnya. Sediakan berbagai wadah, alat-alat dapur, dan mainan kecil sebagai alat eksplorasi. Namun jika anak sudah bisa diajak bekerjasama, cobalah untuk membuat makanan bersama dengan memberikan tugas sederhana padanya seperti memeras jeruk, memarut keju bahkan Moms bisa melibatkan anak untuk ikut mencetak adonan kue kering.

Nah, seiring anak bermain, maka lama-kelamaan anakmu bisa masak-masak sendiri, lho! Selamat mencoba dan belajar bersama si Kecil ya, Moms.