Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi memberikan banyak manfaat. Tidak hanya bagi si kecil, tetapi juga bagi Anda. Salah satu manfaat ASI eksklusif bagi ibu dan bayi adalah mempererat bounding atau ikatan antara ibu dan anak. Manfaat lainnya bagi ibu adalah menjaga kesehatan payudara dan membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan. Sedangkan bagi si kecil, pemberian ASI secara eksklusif dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasannya di masa depan. 

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

ASI Eksklusif Ibu Bekerja

Bagi ibu bekerja, memberikan ASI bagi si kecil dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun tidak perlu khawatir,  Moms yang bekerja pun bisa memberikan ASI eksklusif. Berikut ini adalah tips agar produksi ASI lancar dan berkualitas:

  1. Berikan ASI sesering mungkin. ASI diproduksi dengan demand/permintaan. Itu kenapa semakin banyak ASI diberikan, maka produksi ASI pun akan semakin meningkat. Berikan ASI pada si kecil paling tidak 2 jam sekali atau bisa lebih sering, tergantung permintaan si kecil. 
  2. Menjaga asupan makanan dan cairan. Menjaga asupan makan dan cairan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Perbanyaklah makan makanan dengan gizi seimbang. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak buah, sayur dan kacang-kacangan, serta jangan lupa untuk banyak minum air putih. Moms juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan atau minuman tertentu, misalnya kopi dan soda. 
  3. Memompa ASI saat sedang tidak bersama si kecil. Semakin banyak ASI dikeluarkan, maka semakin banyak ASI diproduksi. Dengan demikian, pompa atau perahlah ASI ketika Moms sedang bekerja atau tidak bersama si kecil. Meskipun begitu, Moms sebaiknya tetap memberikan ASI secara langsung ketika bertemu si kecil. Hal ini untuk menjaga produksi ASI, karena kuantitas ASI lebih terjaga saat bayi disusui langsung. 
  4. Hindari stress. Stress akan mempengaruhi jumlah produksi ASI. Dengan demikian, penting Bagi Moms untuk menghindari stress. Perbanyaklah aktivitas yang menyenangkan untuk menghindari stress.
  5. Merawat payudara. Merawat payudara adalah hal yang penting bagi ibu menyusui. Lakukan pijat dan kompres air hangat untuk mencegah ASI yang tersumbat pada payudara. Jangan lupa untuk menggunakan BH yang sesuai agar nyaman digunakan. 
ASI Eksklusif Ibu Bekerja

Moms, pemberian ASI eksklusif berapa lama? Memberikan ASI secara eksklusif pada 6 bulan pertama sangat penting bagi si kecil. Hal tersebut sesuai dengan ASI eksklusif menurut WHO. Meskipun menantang, memberikan ASI eksklusif tetap dapat diusahakan. Hal ini tentunya untuk memberikan asupan terbaik bagi si kecil untuk bekal masa depannya.