Alergi Dingin pada Bayi

Alergi dingin memang bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali sang buah hati. Alergi dinging biasanya ditandai dengan munculnya ruam-ruam berwarna merah di sekitar kulit yang memberikan efek gatal bagi sang bayi. Tak jarang bayi yang terkena alergi dingin akan sedikit rewel dari biasanya. 

Alergi Dingin pada Bayi
source: https://hellosehat.com/

Alergi Kulit Bentol

Seperti orang dewasa, biasanya bayi juga akan melakukan respon yang sama saat terkena alergi bentol. Biasanya bayi akan menggaruk bagian-bagian yang sudah mulai timbul bentol-bentol di area kulit. Jika dibiarkan menggaruk, lama kelamaan akan timbul iritasi pada kulit. Hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan sang buah hati dan otomatis Moms di rumah juga harus mulai ekstra untuk menjaga sang buah hati agar tidak mudah rewel. 
Alergi Kulit Bentol
source: http://gejalapenyebabsakit.blogspot.com/
baca juga

Bahaya Alergi Dingin

Jika terus dibiarkan, alergi dingin akan sangat berbahaya lho Moms bagi bayi. Dalam kasus alergi dingin yang parah akan dapat menyebabkan bayi kesulitan bernapas karena pembengkakan yang terjadi pada area tenggorokan dan sekitar lidah. Selain itu, jika alergi semakin parah akan menyebabkan debaran jantung yang lebih kencang, pembengkakan pada area tangan dan kaki, sulitnya bernapas, hingga dalam kondisi yang sudah sangat parah bayi bisa mengalami pingsan.
Bahaya Alergi Dingin
source: http://www.duniaanak.co.id/

Ciri-Ciri Alergi Kulit pada Bayi

Agar Moms di rumah paham jika sang buah hati terkena alergi dingin, berikut beberapa ciri-ciri yang bisa diamati:
  • Kulit di sekitar area tertentu akan berwarna merah 
  • Muncul bentol-bentol kecil
  • Bayi mudah menangis dan lebih rewel dari biasanya
  • Bibir dan tenggorokan bengkak, dan kesulitan saat mengkonsumsi makanan.
  • Tangan dan wajah bengkah
  • Batuk dan bersin-bersin
  • Kesulitan bernapas
  • Diare
  • Muntah-muntah
Ciri-Ciri Alergi Kulit pada Bayi
source: http://www.solusisehatku.com/
baca juga

Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi

Moms di rumah bisa langsung melakukan tindakan yang mampu mengurangi alergi dingin yang diderita buah hati seperti, menghindari makanan dan minuman yang dingin, lindungi kulit sang buah hati dari suhu udara yang dingin, bawa bayi ke ruangan yang lebih hangat, dan jika terasa semakin parah segera konsultasi ke dokter. 
 

Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi
source: https://sahabatsuper.com/

Moms saat terjadi alergi dingin pada bayi, ingat pertolongan pertama sangat penting dilakukan seperti membawanya ketempat hangat dan berikan lotion penghilang gatal. Semoga membantu ya Moms!