Definisi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Karbohidrat biasanya dijadikan sebagai cadangan makanan, atau pun bahan bakar. Fungsi dari karbohidrat di antaranya sebagai sumber energi, penyerap kalsium, dan membantu proses pencernaan. Karbohidrat sendiri bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan. Di Indonesia, makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat ialah nasi. 
 

Definisi Karbohidrat
source: https://images.agromedia.com/

Jenis Karbohidrat

Ada dua jenis karbohidrat yang dibagi dalam karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana biasanya hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna dan diserap tubuh sementara karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang lebih panjang sehingga butuh waktu lebih lama untuk menyerap karbohidrat kompleks. 
 

Jenis Karbohidrat
source: https://tuasaude.com/
baca juga

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleksmemiliki tiga atau lebih molekul gula yang saling terkait dalam suatu rantai molekul. Pada molekul gula tersebut mengandung berbagai zat di antaranya vitamin, serat, dan mineral. Sesuai namanya yang kompleks maka karbohidrat ini memiliki susunan molekul lebih kompleks sehingga menyebabkan jenis karbohidrat ini lebih lama di cerna di dalam tubuh. Dengan proses cernanya yang lambat pada karbohidrat kompleks maka berdampakpula pada melambatnya kenaikan glukosa.
 

Karbohidrat Kompleks
source: https://resepkoki.id/

Karbohidrat Sederhana

Jenis karbohidrat ini hanya memiliki molekul gula yang terdiri dari satu atau dua molekul gula. Karena molekul gula yang begitu sedikit maka proses cerna dari jenis karbohidrat ini pun lebih cepat. Karbohidrat sederhana bisa saja ditemukan pada buah-buahan yang kemudian diolah lai menjadi satu produk yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi dimana ini akan mudah dipecah menjadi lebih banyak karena jenis karbohidrat ini memiliki molekul yang terbatas.

Hal ini pula yang memudahkan karbohidrat terserap dalam tubuh sehingga meningkatkan kadar gula dan energi yang cukup tinggi namun juga dibarengi dengan penurunan kadar gula sehingga
membuat kamu cepat lelah.
 

Karbohidrat Sederhana
source: https://www.heart.org/
baca juga

Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Ada banyak makanan yang menjadi sumber karbohidrat selain nasi yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Jika ingin mengurangi nasi, pilihan bisa dijatuhkan pada kentang rebus atau kentang panggang. Sumber karbohidrat sehat lainnya yakni ubi yang tidak saja mengenyangkan tetapi juga manis alami. Kamu juga bisa menikmati singkong dan jagung rebus sebagai pengganti nasi yang tak kalah bergizi. Dan, bagi kamu yang sedang menjalani diet ataupun menderita diabetes, makanan sumber karbohidrat yang ramah untuk dikonsumsi yakni talas dimana dapat dinikmati dalam suguhan talas kukus ataupun olahan sehat lainnya.

Sumber Karbohidrat Selain Nasi
source: https://st2.depositphotos.com/