1. Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Saking bersemangatnya, para orangtua kerap berlebihan melindungi bayinya. Salah satunya dengan memandikan bayi baru lahir terlalu sering. Padahal, terlalu banyak mandi justru dapat meningkatkan masalah kulitnya seperti kulit kering, gatal, dan lainnya. Tidak hanya itu, bayi juga tidak langsung dikeringkan usai mandi. Sebaiknya hal ini dihindari karena dapat membuat bayi kedinginan dan tidak nyaman. Karenanya, segera keringkan bayi usai mandi dan lekaslah kenakan pakaian untuknya.
 

1. Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
source: http://www.himalayababycare.com/

2. Cara Memandikan Bayi yang Benar

Memandikan bayi memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan Moms, apalagi bayi yang baru lahir. Sebaiknya jangan asal menggunakan produk perawatan bayi untuk menghindari iritasi serta gunakan air suam-suam kuku saat memandikannya. Terpenting, bersihkan area tali pusat saat memandikan bayi secara hati-hati. Bersihkan dengan alkohol dan kapas dan tunggu hingga kering.
 

2. Cara Memandikan Bayi yang Benar
source: http://eco18.com/
baca juga

3. Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

Saat memandikan bayi, pastikan semua keperluannya sudah disediakan seperti air mandi, handuk, serta baju ganti untuknya. Setelah semua peralatan lengkap baringkan bayi dan lepaslah pakaiannya. Kemudian secara perlahan basuh wajah bayi dengan lap mandi yang hangat dan jangan gunakan sabun. Langkah selanjutnya yakni tambahkan sabun ke lap mandinya untuk membasuh tubuh. Bersihkan pula area intimnya secara perlahan dan bilas sekali lagi sebelum mengeringkannya. Jangan lupa untuk membasahi rambutnya dan memberikan sedikit sampo pada rambut bayi. Gosok perlahan dengan lembut menggunakan gerakan melingkar lalu bilas. Keringkan dan gunakan baju ganti untuknya sesegera mungkin.
 

3. Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar
source: https://estilo-tendances.com/

4. Cara Memandikan Bayi 2 Bulan

Cara yang dapat dilakukan tak jauh berbeda saat bayi baru lahir ya Moms. Pertama-tama, siapkan bak mandi yang telah diisi air hangat suam-suam kuku. Kemudian Moms dapat memandikan bayi dengan posisi kepala di atas air sementara hanya tubuhnya saja yang masuk ke dalam air. Setelah itu, angkat bayi perlahan dan basuh dengan waslap yang telah diberikan sabun dan ratakan ke semua bagian tubuhnya. Masukkan kembali ke dalam bak mandinya dan bilaslah sisa sabun yang ada.
 

4. Cara Memandikan Bayi 2 Bulan
source: https://www.parentcenterwork.org/
baca juga

5. Cara Memandikan Bayi 3 Bulan

Bayi usia 3 bulan sudah mulai aktif bergerak sehingga membutuhkan sedikit keterampilan dalam memandikan si kecil. Cara memandikan bayi 3 bulan yang dapat dipraktikkan yakni masukkan bayi ke dalam bak mandi yang telah diisi air hangat suam-suam kuku. Gunakan tangan kiri sebagai penyangga kepala dan sebagian badannya sementara tangan kanan bergerak membersihkan tubuhnya. Awali dengan membersihkan bagian rambut dan bagian-bagian tubuh lainnya hingga bersih. Untuk membersihkan bagian punggungnya, cobalah untuk membalik tubuhnya perlahan dengan tangan kiri menyangga bagian dadanya sementara tangan kanan membilas bagian punggungnya.

 

5. Cara Memandikan Bayi 3 Bulan
source: https://assets.babycenter.com/