Cara Menyimpan ASI Perah

Moms, tempat yang paling tepat untuk menyimpan ASI perah adalah berbahan plastik atau beling yang tutupnya kedap udara. Jika menggunakan bahan plastik, pastikan bahwa plastik tersebut terbebas dari bisphenol-A (BPA) dan gunakan plastik khusus untuk menyimpan ASI. Pasalnya, jika kantong plastik yang digunakan bukan khusus ASI, bisa jadi kantong tersebut pecah saat dibekukan. Ingat, penting bagi Moms untuk membersihkan tempat penyimpanan ASI dengan sabun lalu bilas dengan air hangat, agar tidak ada bakteri yang masuk. 
Cara Menyimpan ASI Perah
source: https://www.todaysparent.com/

Cara Menyimpan ASI Setelah Dipompa

Moms, setelah dipompa dari payudara segera dinginkan ASI dengan waktu kurang dari 1 jam. Lalu, jangan mengisi wadah penyimpanan ASI hingga penuh ya. Sisakan ruang kosong sekitar 2,5 cm dari atas. Berilah lebel pada setiap kantong ASI yang telah diisi. Label tersebut berisi tanggal dan waktu penyimpanan, tujuannya agar Moms tahu berapa lama ASI yang tersimpan di dalam freezer.
Cara Menyimpan ASI Setelah Dipompa
source: https://texasbreastfeeding.org/
baca juga

Cara Menyimpan ASI di Kulkas

Bagi Moms yang bekerja, kamu bisa memompa ASI di pagi hari dan menyimpannya di freezer dan jangan lupa diberikan catatan waktu ASI disimpan. Suhu adalah faktor yang paling penting saat ingin menyimpan ASI di dalam kulkas. ASI perah mampu bertahan hingga 6 jam jika disimpan dalam suhu 25 derajat Celcius. ASI perah dapat bertahan hingga 24 jam jika disimpan dalam kotak pendingin yang ditambah kantung es. Bahkan ASI perah mampu bertahan hingga 5 hari jika suhu mencapai minimal 4 derajat Celcius.
Cara Menyimpan ASI di Kulkas
source: https://www.bebekidsworld.com/

Cara Menyimpan ASI Tanpa Kulkas

Jika ASI terus keluar dan harus dipompa tapi tidak ada kulkas di kantor, Moms nggak perlu khawatir. Pasalnya, ASI mampu bertahan hingga 8 jam di luar ruangan tanpa bantuan kulkas, sehingga saat pulang kantor Moms bisa langsung menyimpannya di dalam freezer. Selain itu, untuk membedakan apakah ASI tersebut masih layak dikonsumsi, cobalah tes terlebih dahulu menggunakan sendok pada bayi. Jika si buah hati menolak, sebaiknya segera buang ASI tersebut.
Cara Menyimpan ASI Tanpa Kulkas
source: https://www.verywellfamily.com/
baca juga

Cara Memanaskan ASI

Untuk menyajikan ASI yang telah disimpan di dalam kulkas, cara yang paling tepat adalah dengan memanaskan botol atau tempat penyimpanan ASI ke dalam wadah yang berisi air panas. Penting untuk diingat agar tidak memanaskan ASI menggunakan microwave, alat ini dapat menciptakan bintik-bintik pada botol ASI perah dan menghilangkan kandungan antibodi yang dibutuhkan si kecil.
Cara Memanaskan ASI
source: https://www.checkpregnancy.com/

Moms, karena ASI sangat penting untuk si kecil, mulai sekarang lebih berhati-hatilah dalam menyimpannya.

Selamat menyusui, Moms!