1. Pengertian Buku Digital

Buku digital atau e-book (Electronic Book) secara mudahnya adalah kumpulan buku yang dapat diakses, dibaca, dan diunduh melalui alat elektronik seperti komputer dan handphone. Selain terbilang mudah dan praktis, pemilihan e-book dipilih karena sebagain besar buku tersebut dapat di unduh secara gratis dan fleksibel untuk dibawa ke mana saja. Sebagai penulis, penerbitan buku secara digital terbilang lebih mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya, sehingga penggemar e-book semakin hari semakin meningkat. 
1. Pengertian Buku Digital
source: http://rodererverlag.de/

2. Download Buku Digital

Dengan bermodal kuota internet, kamu dengan mudah bisa mengunduh buku digital sesuai dengan keinginan. Memang semakin banyak membaca ,akan menambah banyak pengetahuan, tapi jika aktivitas membaca tersebut dilakukan lewat buku digital, maka sinar yang terpancar dari layar handphone dapat merusak mata jika dilakukan dengan intensitas yang tinggi. Bahkan menurut penelitian, menggunakan handphone atau komputer secara berlebihan dapat meningkatkan kelelahan, stres, hingga depresi.

2. Download Buku Digital
source: https://ukla.org/
baca juga

3. Jenis Buku Digital

Mudahnya mengunduh buku digital membuat jenis buku digital semakin beraneka ragam, Moms. Mulai dari novel, buku cerita, dongeng, dan lain sebagainya. Sehingga penting bagi kamu untuk mengawasi buku bacaan yang dibaca oleh si kecil, tujuannya agar kamu  bisa mengontrol berbagai cerita yang dibaca.
3. Jenis Buku Digital
source: https://www.rnib.org.uk/

4. Format Buku Digital

Buku digital sekarang memiliki banyak format lho. Nah, Moms di rumah perlu tahu nih!
  • AZW– Amazon World adalah format proprietary Amazon yang dikhususkan untuk dikhususkan untuk Kindle Amazon.
  • EPUB– Electronic Publication. Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf) yang mengacu kepada standar XHTML dan XML.
  • MOBI– Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan smartphone.
  • PDF– Portable Document Format yang paling populer dan format yang paling sering digunakan untuk pertukaran dokumen. 
4. Format Buku Digital
source: https://i.amz.mshcdn.com
baca juga

5. Buku Digital Sekolah

Tidak hanya buku cerita, sekarang banyak buku sekolah yang telah dibuat menjadi e-book, padahal jika diteliti lagi penggunaan e-book memiliki dampak negatif bagi tubuh. Alangkah baiknya kamu memilih buku konvensional untuk si kecil. Selain tidak memiliki dampak buruk, membolak-balikan buku memiliki dampak positif untuk meningkatkan gerak motorik tangan si kecil.

Moms, sebisa mungkin hindari penggunaan buku digital untuk si kecil ya dan alihkan dengan buku-buku konvensional. 
5. Buku Digital Sekolah
source: https://www.trbimg.com/