Pentingnya Kualitas Makanan Ibu Hamil

Disarikan dari Mayo Clinic , pola makan yang tepat adalah kunci kehamilan yang sehat. Dengan menerapkan pola makan yang baik, Moms berpeluang lebih besar untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang janin. Tujuannya, tak lain agar perkembangan fisik dan kecerdasa si Kecil juga berkembang dengan sempurna sejak dalam rahim.  

Sumber Gizi Ibu Hamil

7 Nutrisi Penunjang Kehamilan

Folat dan asam folat

Folat adalah vitamin B yang membantu mencegah cacat tabung saraf, kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada janin.
Nah, asam folat sendiri bisa berbentuk sintetis dan dikemas dalam bentuk suplemen makanan. Suplementasi asam folat ini terbukti menurunkan risiko cacat lahir juga kelahiran prematur.
Jumlah yang dibutuhkan  adalah sekitar 400-800 mikrogram konsumsi folat per hari selama masa kehamilan. Bagi Moms yang lebih menyukai sumber asam folat alami, maka sereal, sayuran hijau, jeruk, serta kacang-kacangan bisa dijadikan pilihan.

Sumber Gizi Ibu Hamil
baca juga

Sumber Gizi Ibu Hamil

Kalsium
Moms dan si Kecil sangat membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga membantu sistem sirkulasi, otot dan sistem syaraf berjalan normal.
Dosis kalsium yang dibutuhkan adalah sekitar 1.000 miligram per hari. Kalsium juga dapat ditemui dalam produk susu, sereal, buah-buahan, serta sayuran hijau seperti brokoli dan kale.

Sumber Gizi Ibu Hamil

Sumber Gizi Ibu Hamil

Zinc (Seng)
Zink (seng) merupakan salah satu mineral esensial yang berperan penting bagi pembentukan protein dan gen tubuh manusia. Kekurangan seng dapat berisiko menghambat pertumbuhan dan kematangan seksual. Kebutuhan seng yang tercukupi dapat mencegah terjadinya infeksi oleh virus dan bakteri. Inilah sebabnya, konsumsi seng sangat diperlukan pada masa kehamilan.
Kebutuhan seng per hari pada ibu hami adalah sekitar 11 mg. Seng dapat ditemukan dalam daging merah, ikan, produk susu, olahan gandum, serta hasil laut seperti kepiting dan kerang.
 

Sumber Gizi Ibu Hamil
baca juga

Sumber Gizi Ibu Hamil

Protein
Protein sangat penting untuk pertumbuhan bayi selama kehamilan. Dalam sehari, Moms membutuhkan setidaknya 71 gram protein. Asupan kaya protein diantaranya, daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, serta produk hasil olahan kedelai.
 

Sumber Gizi Ibu Hamil

Sumber Gizi Ibu Hamil

Zat Besi
Tubuh Moms membutuhkan zat besi ini untuk meningkatkan produksi darah agar pasokan oksigen ke bayi selalu terpenuhi.  Selain itu, ibu hamil yang mengalami defisiensi zat besi, bisa mengalami anemia, lho. Akibatnya, Moms pun cenderung merasa cepat lelah. Pada kasus yang parah, anemia akibat defisiensi zat besi dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan bayi rendah saat dilahirkan,  juga  depresi pasca persalinan.
Sekitar 27 mg sehari adalah jumlah zat besi yang ideal untuk dikonsumsi. Zat besi dapat ditemui pada daging merah tanpa lemak, unggas, ikan, sereal, kacang-kacangan, dan sayuran.
 

Sumber Gizi Ibu Hamil

Sumber Gizi ibu Hamil

Vitamin B6
Mengkonsumsi vitamin B6 secara teratur dapat membantu mengatur keseimbangan hormonal di dalam tubuh dan mengurangi gejala morning sickness selama hamil. Selain itu, vitamin B6 juga penting bagi perkembangan otak bayi. Dosis harian yang dianjurkan adalah 1.3 mg setiap harinya.
Vitamin B6 dapat ditemukan dalam daging ayam, daging kalkun, bayam, wortel, beras cokelat, dan biji bunga matahari (kuaci).
 

Sumber Gizi ibu Hamil

Sumber Gizi Ibu Hamil


Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 dipercaya dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan dan perkembangan embrio pada wanita hamil. The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menganjurkan agar seorang wanita mengkonsumsi 2-3 porsi ikan atau kerang setiap minggunya, termasuk saat mereka hamil atau menyusui. Namun, pastikan Moms mengkonsumsi jenis ikan yang hanya mengandung sedikit merkuri. Contohnya, ikan salem dan ikan sarden. Hindarilah jenis ikan seperti makarel dengan kandungan merkuri yang tinggi.
Asam lemak omega 3 juga dapat ditemukan dalam kacang walnut, edamame, dan daging sapi.

Jadi, sudahkah Moms memenuhi ketujuh asupan nutrisi tersebut?
 

Sumber Gizi Ibu Hamil