1. MPASI 'Eat the Rainbow' untuk Bayi 6 Bulan

Menu makanan Eat the Rainbow atau warna-warni pelangi sebenarnya digunakan untuk menarik minat bayi ataupun anak-anak agar mau makan sayur dan buah. Seperti yang kita ketahui, sayur dan buah kaya serta, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang. Ternyata selain itu, sayur dan buah, terutama yang berwarna cerah memiliki kualitas nutrisi yang sangat baik. Misalnya, buah dan sayuran kuning dan oranye kaya vitamin C dan A. Sementara buah dan sayur berwarna hijau tinggi dengan vitamin K, B dan E. 

Daftar sayur dan buah warna-warni untuk MPASI bayi 6 bulan pertama kali:
  • MERAH: apel, stroberi, tomat, kacang merah, lobak
  • UNGU/BIRU: plum, blueberry, buah naga, kubis ungu, terong
  • HIJAU: melon, pir, kiwi, apel hijau, alpukat, brokoli, kacang hijau, kubis, bayam, timun
  • ORANYE: jeruk, mangga, wortel, labu
  • KUNING: pisang, nanas, jagung
1. MPASI 'Eat the Rainbow' untuk Bayi 6 Bulan
source: https://www.babycenter.com


 

2. MPASI 6 Bulan Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu daftar MPASI Eat the Rainbow yang sangat baik diberikan kepada bayi 6 bulan. Buah naga mengandung antioksidan, vitamin C dan serat untuk memenuhi nutrisi bayi dan menghindarkannya dari beragam penyakit seperti batuk dan flu. 

Mengolah buah naga menjadi MPASI cukup mudah. Buatlah puree dengan menggunakan buah naga yang memiliki kualitas baik dan banyak daging buahnya. Agar lebih lezat, campurlah buah naga dengan buah lain seperti pisang dan apel, lalu haluskan sebelum diberikan kepada bayi. 
 
2. MPASI 6 Bulan Buah Naga
source: https://www.buonapappa.net


 
baca juga

3. Resep Puree Apel dan Wortel untuk Bayi 6 Bulan

Nah, coba yuk resep MPASI 6 bulan homemade dari puree apel dan wortel berikut ini.

Bahan: 
1 buah wortel
1/2 buah apel

Cara membuat: 
1. Kupas, lalu cuci apel dan wortel, potong-potong kecil
2. Kukus selama 10-15 menit
3. Biarkan dingin, lalu haluskan dengan blender
4. Sajikan untuk si kecil 
 
3. Resep Puree Apel dan Wortel untuk Bayi 6 Bulan
source: http://www.veriu.info

 

4. Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Pada bayi usia 6 bulan, perkenalkan MPASI secara bertahap dan sesuaikan dengan frekuensi minum ASI bayi. Tetap berikan ASI sesuai dengan jadwal biasanya dengan diselingi pemberikan MPASI 1 hingga 3 kali dalam sehari. 

Contoh jadwal MPASI 6 bulan: 
  • 06.00-07.00: Saat bayi bangun tidur berikan ASI
  • 08.00 : MPASI untuk sarapan. Kamu bisa membuatkan bayi bubur halus yang dicampur dengan sedikit ASI
  • 10.30: Susui bayi setelah ia bangun dari tidur siang
  • 12.00: Berikan MPASI berupa puree sayur, buah ataupun bahan makanan yang mengandung protein untuk makan siang bayi
  • 13.30: Kembali berikan ASI
  • 16.30 : Berikan ASI kepada bayi
  • 18.00: Berikan MPASI untuk makan malam berupa puree sayur, buah ataupun ikan dan daging. 
4. Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan
source: http://hayessp.com.au


 
baca juga

5. 30 Menu MPASI 6 Bulan Bayi Selama Sebulan

Jangan khawatir kehabisan ide dalam menyediakan menu MPASI untuk si buah hati kesayanganmu ya, Moms. Agar bayi tidak bosan, buat MPASI bervariasi dan berbeda setiap hari. Hal ini juga akan merangsang indra perasa bayi dalam mengenal beragam rasa. Nah, berikut daftar menu MPASI 6 bulan selama sebulan yang bisa kamu contek! 
  • Hari 1: bubur beras ASI, puree pisang
  • Hari 2: puree ubi susu, puree alpukat
  • Hari 3: puree kentang+ayam+bayam, puree pisang
  • Hari 4: puree beras susu, puree alpukat
  • Hari 5: puree ubi+wortel
  • Hari 6: puree jagung manis+bayam
  • Hari 7: puree apel
  • Hari 8: puree buah naga
  • Hari 9: puree nasi dan wortel
  • Hari 10: puree kentang dan wortel
  • Hari 11: puree melon
  • Hari 12: puree pepaya
  • Hari 13: puree kuning telur
  • Hari 14: bubur dan tomat
  • Hari 15: puree kacang hijau
5. 30 Menu MPASI 6 Bulan Bayi Selama Sebulan
source: https://foodandnutrition.org
 
  • Hari 16: puree oat
  • Hari 17: puree brokoli
  • Hari 18: puree beras merah campur ayam, tahu, buncis
  • Hari 19: puree sup ayam
  • Hari 20: puree labu manis
  • Hari 21: puree sup tahu
  • Hari 22: puree mangga 
  • Hari 23: puree apel + pir
  • Hari 24: puree jagung +pisang
  • Hari 25: puree jeruk campur pir
  • Hari 26: bubur campur dagind
  • Hari 27: puree nasi campur salmon
  • Hari 28: puree jeruk
  • Hari 29: bubur campur ikan
  • Hari 30: puree nasi campur kaldu
Selamat mencoba ya, Moms!