Ibu Menyusui Bayi Kembar

Pertama lakukan persiapan sejak dini sebelum mulai menyusui bayi kembar. Pengetahuan mengenai anatomi-fisiologi menyusui, konseling yang mantap, teknik menyusui yang benar, serta asupan nutrisi ibu yang baik dan cukup, sangat mempengaruhi keberhasilan ibu menyusui bayinya.

Seorang ibu menyusui bayi kembar pada dasarnya sama seperti bayi tunggal walaupun lebih berpotensi bermasalah dan banyak membutuhkan dukungan. Ibu dengan bayi kembar secara konsisten akan memproduksi jumlah ASI dua kali lebih banyak dari jumlah ASI yang diproduksi ibu dengan bayi tunggal. 

Ketika seorang ibu menyusui bayi baru lahir, perlu juga diperhatikan tiga trik posisi menyusui yang bisa dipraktekkan berikut ini.

source: http://www.dokterbidan.com

Double Football

Bayi dipegang seperti cara memegang bola di sisi kanan dan kiri tubuh ibu. Tangan ibu menopang kepala bayi dengan badan bayi berbaring di bawah tangan ibu. Banyak ibu menggunakan cara ini sampai mereka benar-benar berpengalaman.
 

baca juga

Double Cradle

Bayi dipegang seperti menyusui bayi tunggal, di mana kedua badan bayi menyilang di atas perut ibu. Posisi ini biasa digunakan pada ibu yang sudah berpengalaman dan bayi dapat mengontrol kepalanya dengan baik.
 

Kombinasi Football dan Cradle (Posisi Sejajar)

Bayi pertama dipegang dengan cara football, sedangkan bayi yang lain dipegang dengan posisi cradle. Posisi ini biasa digunakan oleh ibu dengan bayi triplet atau lebih, sehingga bayi terbiasa dan mendapat asupan ASI yang cukup.

Contoh dari ketiga posisi di atas dapat kita lihat juga di banyak video ibu menyusui bayi YouTube atau video ibu menyusui bayi baru lahir kembar untuk menambah referensi Moms tentang trik menyusui bayi kembar ini. Selamat mencoba ya Moms.