Menyusui Anak
 

Apakah Aman Menyusui Saat Hamil Bagi Janin?
source: http://www.tribunnews.com/


Menyusui anak merupakan fase lanjutan setelah seorang ibu melewati masa kehamilan dan menjalani persalinan. Seperti yang kita tahu, setelah ibu melahirkan, ia dapat langsung memberikan ASI pada buah hatinya. Tapi perlu dipahami bahwa sebenarnya ASI sudah mulai diproduksi oleh tubuh ibu sejak ia masih mengandung sang buah hati. Hal ini ditandai dengan payudara yang semakin membesar, mengeras, dan menjadi lebih padat. Lalu, apabila seorang ibu menyusui hamil lagi, apakah ia masih dapat memproduksi ASI? Dan, apakah aman untuk tetap memberikan ASI eksklusif selama hamil?
 


Menyusui Saat Hamil
 

Apakah Aman Menyusui Saat Hamil Bagi Janin?
source: http://www.grid.id/


Sebenarnya, produksi ASI selama masa kehamilan dapat tetap terjadi. Dengan kata lain, menyusui saat hamil bukanlah hal yang mustahil. Akan tetapi, kamu juga perlu mengetahui bahwa memasuki usia kehamilan 4 atau 5 bulan, akan terjadi perubahan pada produksi ASI dalam tubuhmu. Dalam hal ini, produksi ASI di usia kehamilan ini akan menjadi lebih kental dan hambar. Perubahan ini tentu akan dapat berdampak pada si kecil yang menjadi kurang suka pada ASI sehingga kamu akan terpaksa untuk menyapih si kakak lebih cepat. 
 

baca juga


Menyusui Saat Hamil Muda
 

Apakah Aman Menyusui Saat Hamil Bagi Janin?
source: https://ibu-hamil.id/


Menyusui saat hamil muda bukanlah hal yang tidak mungkin, apalagi jika anakmu masih berusia di bawah 6 bulan di mana ia masih membutuhkan asupan ASI eksklusif. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan agar proses menyusui tidak membahayakan kandunganmu. Mulai dari memastikan kondisi kesehatanmu benar-benar baik, asupan makanan optimal dengan gizi dan nutrisi yang cukup, serta pastikan untuk mencari posisi menyusui yang baik agar tidak memberikan tekanan lebih pada perut.
 


Menyusui Saat Hamil Tua
 

Apakah Aman Menyusui Saat Hamil Bagi Janin?
source: https://www.motherandbaby.co.id/


Berbeda dengan menyusui saat hamilan muda, menyusui saat hamil tua memerlukan perhatian lebih banyak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memasuki trimester kedua kehamilan, biasanya akan ada perubahan tekstur dan rasa ASI yang menyebabkan anak menjadi kurang suka lagi dengan ASI. Selain itu, menyusui saat hamil tua dapat berisiko menyebabkan kelahiran prematur karena dapat memicu kontraksi pada kandungan. Upayakan untuk segera menyapih anakmu jika ada kondisi khusus dalam kehamilanmu.
 

baca juga


Menyusui Saat Hamil Menyebabkan Kontraksi
 

Apakah Aman Menyusui Saat Hamil Bagi Janin?
source: http://www.tribunnews.com/


Akan tetapi, perhatikanlah kondisi kandunganmu untuk memastikan apakah kamu benar-benar dapat memberikan ASI eksklusif untuk sang kakak. Pasalnya, menyusui saat hamil memang dapat berisiko menimbulkan kontraksi pada kandungan. Untuk itu, lakukanlah konsultasi pada dokter spesialis kebidanan dan juga dokter kandungan yang pro-ASI. Apabila ditemukan bahwa kondisi kehamilanmu baik, tidak ada tanda-tanda atau gejala kontraksi dan flek, sera janin dinyatakan normal dan sehat oleh dokter yang bersangkutan, kamu akan boleh melanjutkan proses menyusui sambil menjalani kehamilan bersamaan.