Ketika si kecil mulai berkenalan dengan makanan pendamping ASI, itu artinya celemek adalah salah satu komponen yang perlu Moms siapkan. Tapi Moms, saat ini tersedia celemek anak dengan berbagai macam model dan bentuk di pasaran. Moms pun bisa memilih bahan, motif dan model celemek sesuai selera. Banyak celemek keren yang bisa jadi referensi kita. Dan, celemek-celemek tersebut banyak dijual online. Agar Moms lebih mudah mempersiapkan kelengkapan makan si kecil berikut tipsnya?

Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Untuk bayi usia 6-12 bulan, Moms bisa pilih celemek bayi yang pas dengan ukuran lingkar lehernya, sehingga celemek bayi tersebut pas terpasang di bawah dagu bayi Anda. Karena di usia ini, gigi bayi mulai tumbuh dan bayi akan lebih banyak memproduksi air liur. Dalam hal ini, celemek bayi akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk melindungi bayi dari air liur, tapi juga mencegah baju bayi kotor akibat terkena tumpahan makanan.

Bayi Usia 6 – 12 Bulan
source: https://www.vemale.com/galeri/aneka-celemek-bayi-lucu-yang-mudah-dibuat-sendiri.html
baca juga

Celemek Lengan Panjang

Untuk si kecil yang baru mulai makan, Moms bisa memberikan celemek bayi yang memiliki lengan panjang. Celemek model ini tidak hanya digantungkan di leher, tetapi juga merekat pada lengan sehingga tidak mudah lepas. Jadi, si kecil tetap bisa menggunakan tangannya untuk mengambil makanan, memasukkan makanan ke dalam mulut, dan seterusnya. Moms pun bebas cemas dari makanan yang  belepotan.

Celemek Lengan Panjang
source: https://www.jakartanotebook.com/celemek-bayi-lengan-panjang-waterproof-yellow

Pilih Celemek Berkantung

Ketika si kecil sedang senang-senangnya makan sendiri, rasanya lebih tepat bila mengenakan celemek berkantung pada si kecil. Jenis celemek ini akan menampung makanan si kecil yang terjatuh dari mulutnya. Celemek makan bayi ini biasanya terbuat dari plastik atau silikon, dan terdapat kantung di bagian depan bawahnya. Berikan celemek dengan jenis ini pada bayi berusia 9 - 11 bulan.

Pilih Celemek Berkantung
source: https://www.tokopedia.com/carsonbaby/slaber-bayi-plastik-slaber-bib-plastik-berkantung
baca juga

Pilih Celemek Bergambar Lucu

Ketika anak berusia 1 tahun biasanya mereka mulai mengalami GTM atau gerakan tutup mulut. Saat itu, si kecil sudah memilih-milih makanan mana yang dia sukai atau tidak. Nah, agar si kecil semangat untuk makan dan melupakan GTM-nya, Moms bisa memberikan celemek dengan gambar yang lucu, atau berikan celemek dengan gambar tokoh kartun favorit si kecil.

Pilih Celemek Bergambar Lucu
source: https://www.bukalapak.com/p/perlengkapan-bayi/perlengkapan-makan/f03m7h-jual-slaber-bayi-celemek-baby-berkantong-slaber-plastik-waterproof-bib

Selamat berburu celemek untuk mendukung makan si kecil ya, Moms!