1. Ibu Hamil Muda 

Masalah pencernaan saat hamil seperti BAB berwarna hitam, bisa terjadi di awal kehamilan maupun kehamilan yang sudah memasuki trimester kedua atau ketiga. Nah, penyebab umum terjadinya BAB berwarna hitam pada ibu hamil muda adalah bisa jadi karena perdarahan saluan cerna bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, dan usus dua belas jari. Untuk menghindari ini Moms wajib mengonsumsi makanan sehat, bersih dan juga benar-benar matang. 
 

source: https://www.scarymommy.com

2. Ibu Hamil Sehat 

Sehat tidaknya Moms selama masa kehamilan, juga ditentukan dari teratur atau tidaknya Moms bab dan warna dari feses tersebut. Selain itu masa kehamilan merupakan masa transisi pada tubuh ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan. Selama masa ini, tingkat kekebalan tubuh tidak sebaik saat wanita tidak hamil. Oleh karena itu, perlu dijaga agar tidak mudah terinfeksi virus ataupun bakteri dengan menerapkan pola hidup sehat ya Moms. 

source: https://babycenter.com
baca juga

3. Ibu-ibu Hamil 

Nah, bagaimana cara untuk mencegah agar pencernaan lancar bagi ibu-ibu hamil? 

  • mengonsumsi makanan sehat dan matang
  • penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air mineral setidaknya 2 liter per hari
  • lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil
  • istirahat yang cukup
  • hindari dan kelola stres dengan baik
source: https://media.self.com

4. Ibu Hamil 9 Bulan 

Bagaimana jika BAB berwarna hitam dialami oleh ibu hamil 9 bulan? 

Masa-masa kehamilan di trimester akhir, tentunya Moms akan semakin merasakan gangguan fisik seperti pegal-pegal dan juga termasuk pencernaan yang berubah. Jika Moms mengalami BAB berwarna hitam, bisa saja itu diakibatkan karena Moms mengonsumsi suplemen zat besi yang diberikan dokter. Namun tak perlu khawatir karena hal tersebut tidak berbahaya. 

source: https://media.self.com
baca juga

5. Ibu Hamil Minum Yakult 

Selain karena mengonsumsi suplemen zat besi, BAB berwarna hitam pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena Moms kurang mengonsumsi makanan berserat yang memperlancar pencernaan. Oleh karena itu Moms wajib mengonsumsi sayuran hijau atau bisa juga mengonsumsi minuman yang terbuat dari olahan susu seperti yogurt atau Yakult. Ibu hamil minum Yakult juga bisa membuat pencernaan terangsang untuk buang air besar. 

source: https://shutterstock.com