Apa Sih ASI Booster Itu?

Walaupun ibu telah berusaha sangat gigih, tak jarang ASI booster baru bekerja dengan baik setelah sekian waktu mengonsumsinya. Ketelatenan memang kunci yang perlu Moms lakukan terus menerus hingga membuahkan hasil  berupa ASI yang lancar dan volumenya cukup banyak. Nah Moms, agar dapat memberi ASI eksklusif  hingga usia yang dianjurkan, ada saran beberapa ASI booster yang cukup efektif memancing produksi ASI.

Pengertian ASI Booster 

Pada umumnya, booster diidentikkan sebagai upaya memasukkan antigen ke dalam tubuh. , Tujuannya,  untuk meningkatkan kemampuan sistem imun dengan membunuh antigen tersebut, atau memanggil memori sistem imun akan antigen tersebut. Namun kini, booster lebih sederhana diartikan sebagai pendukung atau pendorong organ tubuh memproduksi bahan tertentu.

ASI booster sendiri berarti merupakan suplemen tambahan bagi ibu menyusui yang dapat berfungsi sebagai pemicu naiknya produksi dan kualitas ASI. Istilah ASI booster sendiri, tak lagi melulu tentang suplemen, namun juga dukungan psikologis yang berdampak melancarkan ASI.

Apa Sih ASI Booster Itu?
source: https://www.pexels.com

ASI Booster Alami

Alami, artinya didapat dari alam dan tanpa bahan pengawet. Yap! Alam sebenarnya sudah menyediakan banyak sekali ASI booster yang aman dikonsumsi ibu menyusui. Yang paling umum adalah daun katuk, yang sudah menjadi andalan turun-temurun di Indonesia. Kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna di dalamnya, bekerja melancarkan produksi ASI.

Selain daun katuk, ada banyak sekali ASI booster alami lainnya yang juga bisa dicoba. Jangan khawatir, karena meski ada yang berupa dedauan pahit, beberapa di antaranya bisa jadi merupakan makanan favorit Moms. Apa saja itu?

Daun Pepaya

Meskipun rasanya pahit, daun pepaya termasuk salah satu ASI booster yang ampuh. Moms tinggal memasaknya dengan cara ditumis atau direbus, sesuai selera saja.

Edamame

Banyak orang yang suka mengonsumsi edamame sebagai camilan sehari-hari, mungkin Moms termasuk salah satu di antaranya. Nah, ternyata makanan yang satu ini juga bisa meningkatkan produksi ASI loh. Kedelai Jepang ini merupakan sumber protein nabati yang mengandung vitamin K, asam folat, zat besi, fosfor, dan kalium yang dibutuhkan untuk memperlancar produksi ASI. 

Kacang-Kacangan

Beragam kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi sebagai ASI booster. Seperti kacang hijau misalnya, yang punya kandungan vitamin B1, protein, fosfor, hingga asam folat. Juga kacang almond dengan kandungan asam lemak, vitamin, mineral, serat makanan, dan protein tinggi. Atau kacang merah yang juga aman dikonsumsi untuk memperlancar produksi ASI.

Labu

Hampir semua jenis labu bisa dikonsumsi ibu menyusui dan bermanfaat sebagai ASI booster. Baik itu labu siam yang berwarna hijau, labu kuning, dan sebagainya. Moms bisa mengolahnya dalam bentuk masakan sayur, lalapan matang, rebusan, kolak maupun jenis penganan lain, sesuai selera.  

Buah-Buahan

Avokad termasuk salah satu buah yang bisa memperlancar produksi ASI. Kandungan nutrisi kompleksnya berkhasiat memperlancar ASI, juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi tumbuh kembang sel otak bayi.

Selain avokad, Moms juga bisa mengonsumsi buah semangka yang kaya vitamin A dan C, kalium, hingga asam folat, sehingga kualitas ASI pun meningkat.

ASI Booster Alami
source: https://www.pexels.com
baca juga

ASI Booster Terbaik

Tak hanya mengonsumsi makanan-makanan alami di atas, Moms juga bisa mengonsumsi ASI booster berupa suplemen yang memang diproduksi khusus untuk meningkatkan produksi ASI. Ada beberapa produk berkandungan tertentu pemicu produksi ASI, sehingga - tentu saja - sangat praktis dikonsumsi saat Moms merasa membutuhkan ASI booster.

Selain berupa makanan,  ASI booster ibu menyusui juga bisa berupa dukungan psikologis. Misalnya, dorongan support system Moms yang membuat ibu lebih rileks dan percaya diri. Kondisi psikologis ibu yang terbukti sangat berpengaruh pada  kelancara ASI, loh.

Dukungan support system terbaik bagi seorang ibu adalah semangat yang diberikan suami. Sisanya, dukungan keluarga dan sahabat juga berperan membuat  ibu menyusui lebih percaya diri sehingga frekuensi pemberian ASI pun tak terhenti. ASI booster psikologis ibu ini sangat penting, mengingat banyak sekali kejadian para ibu baru mengalami penurunan volume ASI karena kondisi psikologis si ibu yang kurang baik.

ASI Booster Terbaik
source: https://www.pexels.com

Rekomendasi ASI Booster

Sangat dianjurkan bagi para new moms - yang mengalami kesulitan dalam produksi ASI - untuk mengupayakan ASI booster seperti yang sudah dijabarkan di atas. Selain itu, semangat dari diri sendiri juga harus ditingkatkan.
Usahakan untuk tidak selalu bergantung pada orang lain, juga membina komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitar. Hal ini penting untuk menjaga kondisi psikologis ibu menyusui tetap stabil dan baik.

Semangat meng-ASI-hi, Moms!

Rekomendasi ASI Booster
source: https://www.pexels.com