Melatih Motorik

Seiring dengan menghilangnya kemampuan refleks bayi, secara bertahap kemampuan motoriknya akan berkembang. Perkembangan motorik ini harus dilatih agar ototnya
semakin kuat untuk bergerak. Salah satunya dengan mengajaknya berenang. Anak-anak yang dilatih berenang sejak bayi akan memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat tubuhnya bergerak, mulai dari kaki, tangan, tubuh dan kepala.

Bayi akan senang berada di air, jadi ia tak merasa dipaksa bergerak oleh orangtuanya. Dengan demikian, ia akan mampu melatih motoriknya dengan baik saat belajar hal baru dari sang ibu, seperti merangkak, membalikkan badan, duduk, berdiri dan berjalan dengan cepat.

source: http://babyology.com.au


 

Meningkatkan Keseimbangan

Bergerak didalam air jauh lebih sulit dibandingkan ketika berada diluar air. Bergerak di air sangat membantunya meningkatkan koordinasi dan membutuhkan keseimbangan. Bayi yang berenang akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dan dapat memahami obyek dengan lebih mudah. Tubuh kecilnya sudah terbiasa dengan keadaan di air, sehingga ia tak canggung dan takut ketika melakukan hal yang baru seperti belajar merangkak ataupun duduk. Ini adalah salah satu manfaat bayi berenang ya, ladies.

source: https://family.fimela.com


 

baca juga

Melatih Respon Anak

Komunikasi adalah hal yang penting bagi bayi. Berenang adalah salah satu cara mereka merespon ucapan dari orangtuanya. Ucapan berupa informasi, perintah ataupun pujian akan didengar dengan baik oleh si bayi. Suara yang diucapkan berulang-ulang, lambat laun akan melatih respon dan mempertajam kemampuan menerima instruksi dari orang lain. Pemahaman bahasa yang sederhana yang disampaikan oleh orangtua, akan melatih kosakata dan kemampuan menangkap pesan oleh bayi tersebut.

source: https://www.littleswimmers.co.uk


 

Menjadikan Tubuh Lebih Sehat

Berenang adalah salah satu olahraga yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, tidak hanya bagi orang dewasa namun bagi bayi sekalipun. Dengan berenang, bayi akan memiliki manfaat:

  • Membuat jantung yang sehat dengan otot-otot yang kuat
  • Menciptakan sistem pernafasan yang baik baginya
  • Membuat tubuhnya menjadi lebih kuat karena dapat meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Dengan demikian ia tidak rentan terhadap resiko terkena penyakit
  • Meningkatkan kapasitas kerja paru-paru
source: http://kindercarepediatrics.ca


 

baca juga

Membantu Keberanian Bayi

Anak-anak seringkali merasa takut akan banyak hal. Seperti takut air, takut kedalaman, takut orang asing di sekitarnya, takut keramaian, takut basah dan sebagainya. Dengan berenang, bayi akan belajar lebih berani mengenal lingkungan sekitarnya yang baru. Walaupun pada awalnya penakut, bantulah ia menjadi lebih percaya diri. Mulailah perlahan dan jangan dipaksakan.

Kenalkan ia pada kolam renang dengan mencoba menyentuhkan kakinya pada air. Bicarakan dengan suara perlahan dan riang agar ia merasa nyaman. Lambat laun, ia pasti akan merasa nyaman dan senang berada di kolam renang.

source: http://belajarberenangbandung.com


 

Memberi Ikatan yang Kuat Antara Ibu dan Anak

Ibu memiliki ikatan batin yang kuat dengan anak, karena selama sembilan bulan sang bayi berada di dalam tubuhnya dan melahirkannya. Ikatan batin yang kuat inilah yang akan membuat bayi nyaman ketika berada disamping ibu. Demikian juga halnya saat bayi melakukan setiap aktivitas, seperti berenang.

Pendampingan ibu saat anak berenang, pasti akan membuat sang bayi merasa nyaman. Ia mengenal dekat ibunya di saat berada di lingkungan yang baru. Ikatan batin inilah yang akan terjadi diantara ibu dan anak, yang akan memberikan ikatan yang lekat dan kuat. Inilah salah satu manfaat bayi berenang.

source: http://www.dailymail.co.uk