Keringat Dingin pada Bayi 7 Bulan

Bayi yang rewel terus-menerus umumnya merupakan tanda bahwa ia sedang tidak enak badan. Isyarat ini juga diperkuat dengan adanya keringat dingin. Keringat dingin pada bayi 7 bulan umumnya disebabkan oleh adanya rasa sakit serta adanya usaha tubuh dalam melawan mikroorganisme yang sedang menyerang. Lebih lengkapnya, keringat dingin pada bayi bisa saja terjadi karena:

  • Syok yang menyebabkan tekanan darah amat rendah
  • Sepsis atau infeksi bakteri serta virus berat
  • Hipoksia atau kekurangan oksigen
  • Hipoglikemia atau gula darah menurun
  • Penyakit jantung bawaan
  • Suhu yang terlalu tinggi
source: https://www.babysense.com/wp-content/uploads/2015/02/night-feeds-from-newborn-to-toddler-1024x683.jpg

Keringat Dingin pada Anak

Berbeda dengan bayi, keringat dingin pada anak usia balita justru biasanya muncul setelah anak sembuh dari sakit. Biasanya keringat dingin pada anak ini mulai terjadi setelah sembuh dari demam. Jumlah keringat dingin yang terjadi bisa saja amat banyak. Namun Moms tak perlu khawatir karena hal tersebut normal dan merupakan usaha tubuh anak untuk mengembalikan suhu tubuh ke kondisi normal. 
 

source: https://assets.parents.com/s3fs-public/styles/nfp_1080_portrait/public/shutterstock_450568075.jpg?jFDYsRt83XlCNQKn1ndZ9dquO4Jx2PNt
baca juga

Cara Mengatasi Keringat Dingin secara Alami

Jika bayi Moms mengalami keringat dingin, Moms dapat melakukan beberapa cara ini:

  • Lebih sering disusui
  • Jika usianya sudah lebih dari 6 bulan, berikan MPASI yang bernutrisi lengkap dan tinggi
  • Sering menggantikan baju dan popoknya agar tidak lembab
  • Menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas, juga tidak membuatnya kedinginan
source: https://mommabe.com/wp-content/uploads/2018/09/mother-holding-her-crying-little-son-Sick-Baby-ss-Feature.jpg
 

Obat Tradisional Keringat Dingin

Jika bayi atau anak Moms mengalami keringat dingin, minyak telon bisa menjadi salah satu yang meringankannya. Oleskan minyak telon tipis saja pada tubuhnya dan biarkan kehangatannya menyamankan si kecil. Moms juga bisa meneteskan minyak telon pada air panas dan letakkan di sudut ruangan. Aroma minyak telon akan bekerja membuat tubuh, terutama pernafasan si kecil menjadi lebih nyaman. 
 

source: https://www.todaysparent.com/wp-content/uploads/2018/10/How-to-help-your-sick-baby-breathe-easy-at-night-1024x576-1541015573.jpg
baca juga

Badan Lemas dan Keluar Keringat Dingin

Walaupun terkesan tak berbahaya, munculnya keringat dingin yang berlebih pada bayi bisa saja menimbulkan risiko kematian. Hal ini disebabkan karena bayi belum bisa mengendalikan suhu tubuhnya sendiri dengan sempurna. Jika keringat dingin yang keluar terlalu banyak bisa membuat bayi menjadi dehidrasi yang jika tak segera ditangani bisa berisiko fatal. Berikan banyak ASI dan air putih (untuk balita), serta konsultasikan kepada dokter. 
 

source: https://newbornbaby.com.au/files/2015/03/Dollarphotoclub_60051709.jpg