Makanan Penambah ASI untuk Ibu Menyusui

ASI merupakan sumber utama makanan dan minuman untuk bayi sampai ia berusia 6 bulan. ASI juga berperan penting dalam kekebalan dan kecerdasan bagi bayi. Melihat pentingnya ASI,  merupakan momok yang mengkhawatirkan jika Moms tidak bisa memberikannya secara maksimal.

Tapi Moms jangan khawatir, beberapa makanan penambah asi ibu di bawah ini bisa membantu moms memperlancar ASI, lho. Yuk Simak!

Daun Katuk
Kandungan protein, fosfor dan kalium yang terkandung dalam daun katuk sangat baik untuk memperlancar ASi. Hasil penelitian dari Sa'roni, Tonny Sadjimin, Mochammad Sja'bani dan Zulaela di Sleman, Yogyakarta (2004), menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi daun katuk, volume ASI dapat meningkat hingga menyentuh presentase 50%. 

Kacang Almond

source: http://buletinaktual.com/wp-content/uploads/2017/10/Kacang-Almond.jpg
Kandungan kalsium yang terdapat dalam kacang almond dapat membantu meningkatkan kualitas ASI, sehingga dapat mempermudah bayi untuk mendapatkan ASI ekslusif. Selain itu, kacang almond juga bisa dijadikan sebagai cemilan pelancar asi.


Ikan Salmon
Lemak DHA yang terdapat dalam ikan salmon yang berfungsi untuk perkembangan saraf bayi. DHA tersebut menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan lemak DHA sekaligus dapat menyeimbangkan mood Moms ketika menyusui.

Buah Pepaya
Buah pepaya dipercaya dapat memperbanyak ASI, karena memiliki kandungan 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak daripada buah jeruk. Kalium merupakan zat yang diperlukan pada masa menyusui. Pasalnya, kekurangan kalsium dapat menyebabkan depresi lho. Oleh sebab itu, buah pepaya cocok untuk menjaga kondisi moms agar tetap stabil ketika menyusui.

Daging Sapi
Daging sapi terutama tanpa lemak berfungsi mengoptimalkan energi moms saat masa menyusui. Selain itu, juga dapat memenuhi nutrisi bayi sehingga bayi moms tidak kekurangan zat besi. 

Air Putih
source: https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20180803/61d3de22f680d1ef2314d62e0a4e7e5d_600x400.jpg
Jika moms kekurangan cairan, maka makanan apapun yang masuk tidak akan banyak membantu. Untuk itu, moms diharuskan minum 10-12 gelas air putih sehari agar memperlancar produksi ASI.

Itulah beberapa makanan yang dapat memperlancar ASI. Semoga bermanfaat ya, Moms!