Tersumbatnya ASI bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti:

  1. Ibu mengalami masalah hormonal dan endoktrin
  2. Alat kontrasepsi
  3. Kurangnya asupan nutrisi
  4. Posisi dan teknik menyusui yang salah
  5. Bayi jarang disusui secara langsung

Asupan nutrisi pada ibu hamil perlu diperhatikan agar ASI mampu mengalir dengan deras. Ada beberapa jenis makanan yang memang bermanfaat untuk melancarkan seorang ibu menyusui agar ASI banyak dan kental. Kira-kira makanan apa saja supaya air susu ibu bisa banyak, ya?
 


Pisang, Wortel, Bluebrry, dan Buah Naga

Ada banyak jenis buah pelancar ASI untuk ibu menyusui. Mereka adalah pisang, wortel, buah beri atau blueberry dan juga buah naga. Setiap buah tersebut memiliki kandungan yang berbeda-beda, mulai dari yodium, vitamin A dan C, serta antioksidan. 

Buah naga mengandung betakatoren yang mampu mengubah provitamin A menjadi vitamin A dan memperbanyak reproduksi ASI untuk ibu menyusui. Rasanya yang manis menjadikan buah naga pelancar ASI yang digemari oleh ibu menyusui.

Bila Moms kesulitan mengonsumsi buah secara langsung, silakan buat menjadi jus. Buah yang sudah dihaluskan bisa menjadi jus buah pelancar ASI yang enak. 

Bunga Pepaya
 



Mungkin banyak yang belum tahu, ternyata bunga pepaya juga bisa meningkatkan produksi ASI, lho, Moms! Bunga pepaya merupakan jenis sayuran yang berwarna kuning pucat. Kandungan bunga pepaya antara lain vitamin C, vitamin A, fosfor, serta kalsium yang sangat dibutuhkan sebagai sumber gizi bagi tubuh ibu menyususi. Bunga pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan meperlancar produksi ASI seorang ibu menyusui.

Daging Sapi Tanpa Lemak
 


Siapa sangka ternyata makanan enak, yakni daging sapi tanpa lemak, merupakan sumber makanan yang baik untuk melancarkan ASI ibu menyusui. Daging sapi mengandung zat besi untuk ibu menyusui. Karena zat besi bisa mencegah anemia. Jika seorang ibu yang sedang menyusui terkena anemia maka tubuh terasa lemas dan pasti produksi ASI berkurang.