1. Makanan pendamping ASI yang baik 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengingat nutrien yang paling tidak terpenuhi kebutuhannya setelah usia enam bulan adalah zat besi (Fe), maka pilihan utama adalah memberikan makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, makanan padat pertama yang terbaik adalah yang terbuat dari beras karena beras merupakan bahan makanan yang paling hipoalergenik sehingga kemungkinan terjadinya reaksi simpang paling minim.

Moms, Ini Tips dan Resep Makanan Pendamping ASI 10 Bulan dengan Slow Cooker
source: https://wholesomebabyfood.com

2. Makanan pendamping ASI untuk bayi 

Saat pertama kali dikenalkan dengan makanan pendamping ASI, maka si kecil harus mendapat asupan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Contohnya daging sapi, hati sapi atau ayam, dan ikan. Bayi harus mengkonsumsi sekitar 400 gram daging sapi per hari untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. Tujuan utama pemberian MPASI adalah untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi pada bayi. Zat gizi terdiri dari makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral. 

Moms, Ini Tips dan Resep Makanan Pendamping ASI 10 Bulan dengan Slow Cooker
source: https://www.tesco-baby.com
baca juga

3. Pengertian makanan pendamping ASI

Makanan pendamping ASI merupakan makanan yang dikenalkan dan diberikan kepada bayi usia 6 bulan setelah menjalani ASI ekslusif. Periode ini dikenal pula sebagai masa penyapihan (weaning) yang merupakan suatu proses dimulainya pemberian makanan khusus selain ASI secara bertahap jenis, jumlah, frekuensi maupun tekstur dan konsistensinya sampai seluruh kebutuhan nutrisi anak dipenuhi oleh makanan. Masa peralihan ini yang berlangsung antara 6 bulan sampai 23 bulan merupakan masa rawan pertumbuhan anak karena bila tidak diberi makanan yang tepat, baik kualitas maupun kuantitasnya, dapat terjadi malnutrisi.
 

Moms, Ini Tips dan Resep Makanan Pendamping ASI 10 Bulan dengan Slow Cooker
source: https://www.todaysparent.com

4. makanan pendamping ASI PDF

Pada masa awal pemberian makanan pendamping ASI, mulailah dengan makanan lumat dengan konsistensi halus/saring yang encer pada tahap perkenalan dan kemudian dikentalkan secara bertahap. Semangkuk bubur yang encer akan mengandung kalori dan zat gizi yang lebih sedikit dibandingkan semangkuk bubur kental untuk volume yang sama. Tekstur makanan dinaikkan secara bertahap. Setelah bubur saring, dapat dinaikkan menjadi bubur kasar tidak disaring, finger food, makanan lunak dengan lauk cincang, dan terakhir makanan keluarga. Nah, kalau Moms masih bingung, Moms sekarang sudah bisa lho menemukan banyak PDF mengenai penjelasan dan menu MPASI yang baik di internet.
 

Moms, Ini Tips dan Resep Makanan Pendamping ASI 10 Bulan dengan Slow Cooker
source: https://www.popsci.com
baca juga

5. Resep makanan pendamping ASI usia 9 bulan

  • Veggie Scrambled Egg
Bahan-bahan:
  1. 1 butir Telur Ayam
  2. 1 slice Roti Tawar Double Soft
  3. 1 batang Buncis
  4. 1/2 batang Wortel
  5. Lemak Tambahan
  6. Secukupnya Keju Babybel
  7. 2 sdm Unsalted Butter (UB)
Cara membuat: 
  1. Cuci bersih wortel dan buncis. Parut wortel dan iris tipis-tipis buncis. Lalu sisihkan  

  2. Masukan telur, wortel, buncis dan keju ke dalam wadah. Lalu kocok hingga rata.

  3. Panaskan UB, lalu goreng telor dan aduk-aduk hingga menjadi kecil hingga matang.  

  4. Potong kecil-kecil roti dan sajikan di piring makan si kecil dengan Scrambled Egg yang sudah matang. Taburi keju parut sebagai pelengkap

Moms, Ini Tips dan Resep Makanan Pendamping ASI 10 Bulan dengan Slow Cooker
source: https://cookpad.com