Ketika bayi dilahirkan, ia memerlukan perawatan khusus, termasuk kulitnya. Seperti yang dijelaskan pada panduan perawatan bayi baru lahir menurut World Health Organization (WHO) berikut ini:

  1. Bayi yang baru saja dilahirkan belum langsung dimandikan, karena lapisan lemak yang menyelimuti bayi berfungsi menjaga suhu tubuh bayi
  2. Setelah 6 jam, bayi dapat dilap dengan air suam kuku
  3. Sebelum tali pusar lepas, bayi bisa dibersihkan dengan cara dilap saja. Setelah tali pusar lepas, bayi dapat dimandikan dengan dimasukan ke dalam air. Hati-hati, jangan sampai bagian kepala terendam air dan gunakan sabun khusus bayi untuk memandikan.
Ini 5 Tips untuk Cegah Kulit Kering pada Si Kecil!

Perawatan bayi baru lahir harus dilakukan secara khusus, termasuk dalam hal merawat kulit. Apalagi jika bayi lahir dengan kondisi khusus, misalnya lahir secara prematur. Akan tetapi, meski tetap harus diperhatikan secara khusus, perawatan bayi baru lahir normal dapat Moms lakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merawat kulit sensitif bayi Anda:
 

Pijatan Lembut Sebelum Mandi

Pijatan Lembut Sebelum Mandi

Sebelum memandikan si kecil, Moms dapat melakukan pijatan lembut pada buah hati Anda. Gunakan minyak khusus atau baby oil dalam memijat. Selain membuat si kecil nyaman, pijatan lembut dengan minyak ini juga membantu menganglmkat sisa-sisa kulit mati dan kotoran di tubuh bayi. 
 

baca juga

Mandikan dengan Air Suam Kuku

Mandikan dengan Air Suam Kuku

Idealnya, suhu air untuk memandikan bayi adalah 37 derajat celcius. Moms bisa menggunakan termometer khusus untuk mengecek suhu air. Pastikan suhu air tidak terlalu panas karena bisa melukai kulit bayi. Air juga sebaiknya tidak terlalu dingin, karena bisa membuat si kecil tidak nyaman.
 

Perhatikan Daerah Lipatan

Perhatikan Daerah Lipatan

Memastikan daerah lipatan, sepeti lipatan lengan, kaki, selangkangan, ketiak dan leher, tetap bersih saat mandi adalah hal yang penting. Daerah-daerah ini rawan karena sering menyimpan kotoran. Apalagi di awal bayi dilahirkan. Biasanya kulit bayi masih menyisakan selubung lemak yang melindunginya saat di dalam kandungan. Misalnya saat melakukan perawatan bayi 2 bulan, Moms bisa memeriksa dan menggosok lembut lipatan-lipatan dan belakang telinga agar tidak menyisakan kotoran. 
 

baca juga

Pastikan Kulit Bayi Selalu Terhidrasi

Pastikan Kulit Bayi Selalu Terhidrasi

Menjaga kulit bayi senantiasa lembab adalah hal yang penting. Karena kulit kering dapat meningkatkan risiko terluka dan iritasi pada bayi. Gunakan lotion khusus bayi atau minyak tradisional kelapa yang aman untuk melembabkan kulit bayi.

Perhatikan Suhu Lingkungan

Selain memperhatikan tubuh si kecil, Moms pun perlu memperhatikan suhu lingkungan si kecil. Pastikan bayi Anda berada di lingku gan yang nyaman untuknya. Sesuaikan pakaian dengan kondisi cuaca. Jangan lupa untuk memakaikan pakaian yang nyaman untuk si kecil. Baju yang nyaman adalah yang cukup menghangatkan tubuh bayi tapi juga tidak membuatnya kegerahan. 
 

Perhatikan Suhu Lingkungan

Melakukan perawatan bayi di rumah memang susah-susah gampang. Moms perlu teliti dan rajin memperhatikan kesehatan si kecil. Apalagi bayi seringkali mengalami masalah-masalah kulit karena kondisinya yang masih sensitif. Dengan memperhatikan langkah merawat kulit bayi, si kecil pun akan terhindar dari kulit kering dan iritasi.