Masalah kesehatan yang dapat muncul karena penggunaan bedak adalah:

  1. Iritasi mata, butiran bedak yang mengenai mata si kecil dapat mengakibatkan mata merah dan gatal.
  2. Gangguan pernapasan, beberapa literatur menyebutkan, kandungan talc pada bedak dapat memicu munculnya kanker paru-paru.
  3. Lecet, butiran bedak terkadang justru dapat melukai kulit bayi terutama di bagian lipatan tubuh sehingga menyebabkan lecet.
  4.  hipotensi, efek bedak bayi ini juga bisa menyerang jantung dan darah anak sehingga menimbulkan gejala-gejala seperti tekanan darah rendah (hipotensi), pingsan, dan kejang.
  5. Gangguan syaraf, jika menyerang saraf, kemungkinan akan muncul kedutan pada otot wajah, tangan, atau kaki, dan kadang disertai dengan demam. Bayi juga terlihat mudah mengantuk, dan menjadi lesu atau kurang aktif. 
Moms, Ini Bahaya Menggunakan Bedak Bayi di Wajah Si Kecil!

Pemicu gangguan kesehatan bayi karena penggunaan bedak adalah akibat zat yang terkandung di dalamnya yaitu talc. Talc adalah mineral yang mengandung beberapa zat seperti magnesium, silikon, dan oksigen. Beberapa talc bahkan ada yang mengandung asbestos, yaitu senyawa yang diketahui dapat menyebabkan kanker paru-paru jika terhirup. Zat-zat ini tentu akan sangat berbahaya apabila terhirup oleh si kecil. 
 

Akan tetapi, sekarang ini di pasaran juga banyak dijual bedak bayi yang aman. Bedak bayi yang aman adalah bedak bayi yang tidak mengandung talk sehingga aman untuk kesehatan bayi. Bebeapa merk bedak bayi yang bagus dan telah terbukti aman adalah Burt’s Bees Dusting Powder, Johnson’s milk & rice baby powder dan Little Innoscents Mineral Powder. Merk tersebut telah terbukti sebagai bedak bayi yang tidak mengandung talc. Sayangnya, sebagian besar produk bedak bayi tersebut tidak dijual di Indonesia, sehingga Moms harus membelinya secara online. 
 

Moms, Ini Bahaya Menggunakan Bedak Bayi di Wajah Si Kecil!
baca juga

Apakah penggunaan bedak bayi benar-benar dilarang?

Pada dasarnya, dengan penggunaan yang benar, bedak bayi bisa digunakan. Namun Moms perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan menggunakan bedak dalam jumlah banyak. Gunakanlah seperlunya sehingga bedak tidak banyak berterbangan dan meningkatkan risiko terhirup si kecil. 
  2. Jangan menggunakan bedak bayi di wajah. Orang tua zaman dahulu senang memakaikan banyak bedak pada anaknya setelah mandi. Cara seperti ini sebenarnya berbahaya bagi kesehatan anak. Jika memang ingin memakaikan bedak pada wajah anak, sebaiknya gunakan bedak bayi padat, agar lebih aman dan tidak membuat bedak berterbangan.
  3. Kenali merk bedak bayi berbahaya. Moms perlu melakukan riset, baik melalui internet maupun dengan meneliti langsung kandungan bedak bayi yang hendak Anda beli. Hal ini penting untuk memastikan produk yang ingin Moms beli tidak berbahaya bagi anak Anda.
Apakah penggunaan bedak bayi benar-benar dilarang?

Memastikan produk yang digunakan si kecil aman adalah hal  penting. Jangan sampai produk perawatan si kecil justru mengganggu kesehatannya. Bijaklah dalam memilih dan menggunakan produk agar si kecil selalu sehat dan terjaga!