Moms, jika bayi Moms terkena batuk terus menerus yang tidak kunjung sembuh. Moms bisa mencoba 5 resep obat tradisional ini agar bayi Moms bisa segera kembali ceria. Yuk, catat baik-baik resep berikut ini, Moms.

Lemon

Tahu nggak sih, Moms? Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lemon memiliki anti bakteri dan antiinflamasi yang dapat mengurangi batuk pada bayi.

Cara pembuatan:
Campurkan air, 4 buah kulit lemon, dan 1 sdm irisan jahe ke dalam panci. Didihkan. Setelah mendidih, tutup panci dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Saring air rebusan kulit lemon tadi, dan campurkan air perasan lemon.

Lemon
source: http://suryamalang.tribunnews.com/2015/04/26/tinggalkan-obat-kimia-batuk-bisa-diusir-dengan-lemon-dan-madu
baca juga

Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dapat membantu Moms meredakan batuk si kecil, lho.

Cara pembuatan:
Campurkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh air lemon. Berikan pada bayi yang berusia di atas 1 tahun. Atau, Moms juga bisa memberikan susu hangat yang dicampur dengan madu untuk meredakan batuk kering dan rasa sakit pada dada.
 

Madu
source: http://aceh.tribunnews.com/2018/09/13/manfaat-minum-air-madu-hangat-di-pagi-hari-saat-perut-kosong

Sup Ayam

Moms, ternyata sup ayam bisa mengobati batuk pilek pada anak juga, lho. Tidak hanya lezat, sup ayam juga bergizi dan mengandung antioksidan yang dapat meringankan hidung tersumbat. 

Cara pembuatan:
Moms, bisa membuat sup ayam seperti biasanya. Campurkan daging ayam dan sayur-sayuran seperti wortel, buncis, kentang. Sup ayam ini bisa diberikan pada bayi sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Sup Ayam
source: https://www.vemale.com/kesehatan/19339-makan-sup-ayam-cara-alami-mengobati-flu.html
baca juga

Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan kuman atau virus. Sama seperti lemon, jeruk juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, dan meredakan batuk serta pilek.

Cara pembuatan:
Moms bisa membuat jus buah jeruk, dan berikan pada anak 1 atau 2 gelas setiap hari. Moms juga dapat mengencerkan jus jeruk tersebut, menggunakan air hangat.

Jeruk
source: https://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/10/481/1537676/9-manfaat-minum-jus-jeruk-setiap-pagi-untuk-kesehatan

Jahe

Selain keempat obat tradisional yang sudah disebutkan tadi, Moms juga bisa mencoba jahe untuk mengobati batuk dan pilek pada anak. Jahe mengandung antivirus, antitusif, dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh serta mempercepat pemulihan.

Cara pembuatan:
Masukkan 6 gelas air ke dalam panci, campur dengan setengah cangkir irisan jahe, dan 2 batang kayu manis. Rebus bahan-bahan tadi dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit. Saring air rebusan jahe tadi, boleh ditambah madu atau gula.

Jahe
source: https://lifestyle.okezone.com/read/2016/09/19/481/1492619/rebusan-air-jahe-dicampur-garam-mengobati-batuk-secara-alami

Nah Moms, selamat mencoba, ya. Semoga si kecil lekas sembuh.

youtube:LJWpO5UJNYQ
source: https://www.youtube.com/watch?v=LJWpO5UJNYQ
5 Obat Batuk dan Pilek Herbal untuk anak