Waktu Penyimpanan ASI Setelah Dipompa

Saat menyimpan ASI perah mesti disesuaikan dengan penggunaannya. Apabila pompa ASI akan diberikan kepada bayi beberapa hari kemudian (stok ASI) maka sebaiknya diamankan dalam lemari pendingin bukan di freezer. Ketahanan ASI setelah dipompa adalah beberapa jam hingga beberapa bulan, tergantung cara penyimpanannya. Berikut cara penyimpanan ASI dan lama bertahan berdasarkan suhu penyimpanannya.

source: http://gendies.com
baca juga

- Apabila ASI perah disimpan pada suhu ruangan kurang lebih 25 derajat celcius maka ASI perah bisa tahan hingga 6 jam. Namun masa penggunaan bisa bertahan hingga 24 jam, ketika disimpan dalam boks pendingin yang ditambahkan dengan tambahan kantung es (ice pack).

- Jika kamu ingin menyimpan ASI untuk lima hari kedepan maka sebaiknya ASI perah ditaruh di kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat celcius. Dan apabila kamu ingin menyimpan dalam jangka waktu yang cukup lama maka sebaiknya simpan ASI kedalaman freezer dengan suhu 18 derajat celcius dibawah titik beku 0 derajat celcius. Dengan begitu stok makanan bayi kamu ini akan tahan selama enam bulan.

source: http://roulinababan.blogspot.co.id


 

Perhatikan Nilai Gizi

Satu hal yang harus kamu perhatikan bahwa proses pembekuan ASI ini bisa saja mengurangi beberapa zat antibodi yang terkandung di dalamnya. Semakin lama kamu menyimpan ASI maka semakin berkurang kandungan vitamin C pada ASI tersebut. Akan tetapi, nilai gizinya masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan susu formula.

source: http://keluargasehat.media