Tata Cara Diet Sehat

Karena ingin cepat terlihat langsing, banyak orang melupakan bagaimana cara diet sehat alami. Padahal tubuh butuh cara diet sehat alami agar tidak kaget atau malah menjadi diet yoyo. Kesalahan umum diet yang sering dilakukan, salah satunya adalah menghapus jam makan. Padahal hal ini bisa membuat kita jatuh sakit dan malah craving di malam hari. Lantas, bagaimana sih tata cara diet sehat yang benar?

Tentukan Target Setiap Minggu

Tidak perlu terburu-buru, buat target sederhana sebagai awal perubahan gaya hidup. Tetapkan pula target realistis dan taati target tersebut. Contohnya, kalau sehari-hari Moms suka mengonsumsi minuman bersoda, makan targetkan untuk tidak meminum minuman bersoda selama seminggu. Kemudian lihat hasilnya. Jangan lupa juga, buat daftar menu diet sehat untuk seminggu dan upayakan mentaatinya selama periode tersebut. Di akhir minggu, lalu hasilnya dan rasakan perubahan yang terjadi.

Tentukan Target Setiap Minggu
source: http://www.fitnessformen.co.id/article/6/2017/4024-Langkah-Langkah-Diet-Penambah-Massa-Otot
baca juga

Usahakan Sering Aktif Bergerak

Jika berolahraga rutin membuat langkah kamu berat, Moms bisa memulai diet dengan melakukan aktivitas yang disukai. Tapi, aktivitas tersebut Moms lakukan lebih repetitif dan berulang-ulang. Tidak sulit, bukan? Sisanya, sisipkan jadwal berolahraga paling tidak 2-3 jam per minggu, sebagai tambahan pembakaran kalori.

Usahakan Sering Aktif Bergerak
source: https://www.herbadrinknatural.com/article-detail.php?id=65

Pilih Makanan yang Diolah Dengan Cara Tertentu.

Pernah dengar tidak, seseorang bisa menurunkan berat badan dengan lebih banyak memakan rebusan? Penjelasannya, makanan yang direbus tidak menyimpan banyak lemak sehingga memiliki kalori yang lebih rendah dibanding makanan yang digoreng. 
Lebih menggembirakan lagi, makanan yang dikukus atau direbus memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan makanan yang digoreng, lho Moms.  

Pilih Makanan yang Diolah Dengan Cara Tertentu.
source: https://health.detik.com/diet/d-3337303/dengan-makanan-kukus-atau-rebus-risiko-kena-penyakit-jantung-bisa-drop
baca juga

Pertimbangkan Mengganti Piring Dan Jenis Makanan

Bisa jadi, selama ini Moms sulit turun berat badan karena masih mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dan memiliki kandungan gula relatif tinggi. 
Mulai sekarang, pilih jenis karbohidrat yang sehat seperti beras merah atau kentang. Dan, konsumsi buah yang tidak terlalu manis, seperti apel,tomat, dan alpukat. Sementara untuk lauk pauknya, kalian bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, unggas dan sebagainya, yang intinya tinggi protein namun rendah lemak.

Pertimbangkan Mengganti Piring Dan Jenis Makanan
source: https://m.dreamers.id/lifestyle/article/34671/kontrol-porsi-makan-dengan-piring-khusus-ini

Mulai Kebiasan Baik

Membiasakan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang menunjang program diet sehat lho, Moms. Apa saja kebiasaan baik yang harus dimulai dan dipertahankan?
 

  • Mengonsumsi air mineral dengan cukup dan teratur
  • Jangan melewatkan makanan utama
  • Perbanyak konsumsi sayur agar Anda merasa kenyang lebih lama
  • Hindari membeli atau menyimpan makanan ringan berkalori tinggi di rumah
  • Disiplinkan waktu olahraga Anda
  • Makanlah dengan tenang sambil duduk di meja makan dan bukan sambil bekerja

Nah, bagaimana? Mudah bukan menjalankan tips program diet sehat tadi. Untuk Moms yang ingin mengembalikan bentuk tubuh namun sedang dalam program ASI eksklusif 2 tahun, juga bisa kok melakukan program diet sehat ibu menyusui. Caranya tidak jauh beda dengan tips yang disebutkan diatas. Asal jangan lupa, makanan yang dikonsumi harus benar-benar kaya akan gizi dan juga vitamin.