Keluhan-keluhan Ibu Hamil 9 Bulan

Setiap ibu hamil perlu mengetahui keluhan-keluhan yang kerap muncul saat usia 9 bulan, agar tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Sesak napas
Pada trimester akhir kehamilan, tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak. Selain itu, ertumbuhan janin dan rahim yang semakin membesar menekan diagfragma sehingga ibu hamil kerap merasakan sesak napas dan napas pendek. 

2. Kaki bengkak
Ibu hamil 9 bulan juga kerap mengalami kaki bengkak. Kaki bengkak disebabkan karena kelebihan cairan, kurang gerak, dan aliran darah yang kurang lancar. 

3. Nyeri pada leher, bahu, pinggang dan punggung
Tubuh menopang perut yang semakin membesar dan berat badan yang makin naik sehingga ibu hamil sering merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuhnya. 
 
Keluhan-keluhan Ibu Hamil 9 Bulan
source: https://www.videoblocks.com/

 

Tips Ibu Hamil Sehat saat Hamil 9 Bulan

Keluhan-keluhan kehamilan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil sehingga mudah membuatnya stress. Ettss... jangan stres berlarut-larut ya, karena dapat memengaruhi kondisi kehamilanmu. Agar tetap sehat dan menjalani kehamilan dengan menyenangkan, coba atasi keluhan-keluhan yang kamu rasakan itu. Misalnya sering berjalan di luar rumah pada pagi hari, mandi air hangat, lebih banyak beristirahan dan mengonsumsi makanan yang bergizi. 
Pokoknya lakukanlah hal-hal yang kamu sukai agar bisa melupakan rasa tidak nyaman yang sedang menghampiri. 
 
Tips Ibu Hamil Sehat saat Hamil 9 Bulan
source: https://www.allthingsgud.com

 
baca juga

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan para Ibu-Ibu Hamil

Selama hamil, terutama saat usia kandungan memasuki usia 9 bulan, ada beberapa hal yang tidak boleh atau pantang kamu lakukan. Itu semua demi menjaga kehamilanmu tetap lancar dan calon bayi sehat. Berikut hal-hal yang harus dihindari para ibu hamil: 
  1. Melakukan aktivitas yang terlalu berat, seperti mengangkan barang yang berat, berdiri terlalu lama dan bersih-bersih rumah. 
  2. Hindari makan sembarangan terutama jajan-jananan pinggir jalan, makanan cepat saji, soda, mi instan dan banyak lainnya. 
  3. Ibu hamil 9 bulan tidak disarakan melakukan perjalanan panjang karena sewaktu-waktu akan merasakan tanda-tanda kelahiran bayi dna menimbulkan keluhan makin berat dalam perjalanan. 
  4. Paling penting ibu hamil tidak boleh stres karena calon bayi juga akan merasakan emosi yang dirasakan si ibu. 
Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan para Ibu-Ibu Hamil
source: https://www.parents.com

 

Forum Ibu Hamil Muda

Untuk menambah informasi tentang kehamilan sehat serta teman yang memiliki kondisi sama, cobalah untuk bergabung dalam forum-forum ibu hamil dan komunitas yang ada di sekitarmu. Salah satu forum yang bisa kamu ikuti adalah forum ibu-ibu hamil yang ada di Mommyasia.id. Di sana kamu akan bertemu banyak ibu hamil dengan latar belakang berbeda dan saling mendiskusikan hal-hal seputar kehamilan.

Selain itu, kamu juga bisa gabung dengan komunitas ibu di kota tempat tinggalmu. Bertemu dengan para ibu yang memiliki kondisi sama pasti akan menyenangkan dan menambah relasi. 
 

Forum Ibu Hamil Muda
source: https://www.news18.com

 
baca juga

Ibu Hamil Minum Es

Pasti kamu pernah mendengar bahwa ibu hamil tidak boleh minum es karena dapat membahayakan janin. Apakah ini sekedar mitos atau fakta yang sudah dibuktikan? Ternyata ada sisi negatif dan positif minum es selama kehamilan. Minum es yang dingin dapat merangsang agar janin bergerak di dalam perut. 

Sementara sisi negatifnya adalah es sering dibuat dari air mentah dan terkontaminasi bakteri, sehingga dapat memengaruhi kesehatan kehamilan. Untuk itu, jangan sembarangan minum air es ya. Pilihlah yang aman dan bersih. Jadi, minum air es selama kehamilan tidaklah berbahaya asalkan sumbernya bersih, tidak terpapar bakteri dan tidak diminum terlalu sering. 
 
Ibu Hamil Minum Es
source: https://www.mustelausa.com