Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 1 Bulan

Bayi newborn atau yang baru berusia 1 bulan bisa saja mengalami sembelit. Susah BAB pada bayi yang baru lahir biasanya disebabkan karena asupan ASI yang kurang. Namun Moms perlu tahu bahwa bayi baru lahir frekuensi BAB-nya memang belum teratur. 7 hari tanpa BAB masih dianggap normal, asalkan frekuensi buang air kecilnya sering dan air seninya berwarna bening. Jika bayi rewel karena susah BAB, Moms bisa menyusuinya lebih sering dari biasanya.
 

source: https://www.tesco-baby.com/content/uploads/2013/11/AM_b_bre_Breastfeeding-at-night_WP.jpg

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Usia 2 Bulan

Sama seperti bayi berusia 1 bulan, bayi usia 2 bulan juga masih tergolong newborn yang frekuensi BAB-nya belum teratur. Untuk membantunya BAB Moms bisa memandikannya dengan air hangat lalu memijat perut bagian bawahnya, atau dengan jarak 3 jari di bawah pusar. Namun memijatnya lembut saja dan tidak perlu ditekan ya, Moms.
 

source: https://thechampatree.files.wordpress.com/2016/04/what-helps-babies-with-constipation-04.jpg
baca juga

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 3-4 Bulan

Bayi usia 3 hingga 4 bulan umumnya sudah lebih aktif dibandingkan dengan bayi baru lahir. Biasanya masalah sulit BAB akan lebih jarang. Namun jika bayi susah BAB di usia 3 hingga 4 bulan ini, Moms bisa merangsangnya untuk lebih aktif bergerak. Cara mengatasi bayi susah BAB umur 3 bulan dan cara mengatasi bayi susah BAB umur 4 bulan, tak terlalu berbeda. Dalam keadaan bayi telentang, Moms juga bisa menekuk kakinya hingga lutut menempel pada dadanya. Lakukan berulang-ulang bergantian kaki kiri dan kanan. Gerakan ini bisa membantu si kecil untuk BAB.
 

source: https://www.livingandloving.co.za/wp-content/uploads/2017/03/7-ways-to-relieve-baby-constipation.jpg

Bayi Susah BAB Setelah MPASI, Bagaimana Mengatasinya?

Tahukah Moms, salah satu penyebab bayi susah BAB yakni mulai memasuki masa MPASI atau mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI. Proses peralihan pencernaan bayi yang terbiasa hanya mengonsumsi ASI maupun susu formula, kini juga mencerna makanan padat. Untuk mengatasinya pastikan Moms selalu memberikan MPASI yang amat lembut, dan jangan kurangi asupan ASI-nya. Cairan yang berasal dari ASI serta air putih akan membantu si kecil untuk BAB secara teratur.
 

source: https://img-aws.ehowcdn.com/877x500p/s3-us-west-1.amazonaws.com/contentlab.studiod/getty/07648c4153e64ff582d97848aacb6c7d