Sadari Hakikat Perjuangan Persalinan

Persalinan adalah salah satu proses yang dialami seorang ibu saat akan melahirkan seorang anak ke dunia. Baik sesar maupun normal, keduanya adalah sebuah perjuangan besar yang harus dilalui. Bayangkan semua perjuangan yang telah kamu di awal kehamilan hingga sekarang.
source: http://www.healthline.com/health/pregnancy/heating-pad-while-pregnant

Masih Banyak Yang Harus Disyukuri

Cobalah untuk melakukan refleksi diri tentang apa yang sudah kamu lalui, mulai dari perjuangan saat trimester pertama, kedua, hingga menanti persalinan di trimester ketiga. Melahirkan sesar tidak berarti kamu tidak dapat menjadi ibu yang sempurna. Selama kamu masih dapat bertahan dan berjuang dengan apapun kondisinya, itu artinya kamu sudah melakukan yang terbaik.

source: https://www.thecandidadiet.com/candida-diet-pregnant.htm

Jika masa persalinan sesar sudah berlalu, syukurilah bahwa hingga saat ini kamu masih diberikan kesehatan. Apalagi jika anakmu sudah mulai tumbuh sehat. Masih banyak lho hal yang dapat kamu syukuri.

baca juga

Belajar Dari Pengalaman

Jika kamu merasa ada kesalahan yang kamu lakukan saat masa kehamilan, cobalah untuk menganggapnya sebagai sebuah pelajaran. Lawanlah rasa takut untuk berproses lagi.

source: http://lumelect.com/article/electrical-panels-when-to-repair-and-when-to-replace

Beberapa ibu mendapatkan arahan untuk melakukan persalinan sesar dapat dikarenakan kondisi ibu yang tidak memungkinkan. Cobalah untuk mencari tahu bagaimana untuk memaksimalkan kesehatan tubuh saat hamil lagi nanti.

Fokuslah Pada Si Kecil

Memikirkan yang sudah berlalu tidak akan mengubah apapun. Fokuslah untuk mengurus bayimu. Sadari keberadaannya yang sudah keluar dari rahimmu sendiri. Rasa sakit yang masih terasa sangat menyiksa seketika akan hilang seiring dengan kamu yang mulai fokus dengan bayimu, sumber kebahagiaan bagi seorang ibu.

source: http://www.momjunction.com/articles/adorable-mother-and-baby-images_00355204/

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu sadari jika kamu mengalami trauma setelah melakukan proses persalinan sesar. Tetaplah optimis, percaya diri, dan bersyukur, ladies!