Berat Badan Ideal Bayi

Mengukur pertumbuhan anak sangat penting dilakukan oleh orang tua sejak si kecil lahir. Ikatan Dokter Indonesia bahkan menyarankan para orang tua untuk memantau dan mengukur tubuh bayi setidaknya sejak usia 1 bulan hingga genap usia 1 tahun. Moms dapat menilai pesat atau tidaknya pertumbuhan yang si kecil, dengan mengukur lingkar kepala, tinggi badan, serta berat badan. Nah, khusus poin yang terakhir ini, ada lho acuan khusus yang dapat Moms ikuti untuk mengetahui apakah kenaikan berat badan si kecil berjalan normal atau tidak. Simak penjelasan selengkapnya!

Berat Badan Ideal Bayi

Bila berbicara tentang berat badan ideal bayi, ada baiknya Moms merujuk pada standar pertumbuhan dari World Health Organization (WHO). Standar pertumbuhan WHO ini terbagi dua, yaitu standar pertumbuhan anak lelaki dan anak perempuan. Ini dikarenakan umumnya anak lelaki sedikit lebih berat dan tinggi dibandingkan anak perempuan. Mengingat pola pertumbuhan mereka juga tidak sama.
Berikut daftar berat badan ideal untuk bayi usia 0-1 bulan sesuai standar WHO.
•    Usia 0 bulan (newborn): 2.5 - 4.3 kg (bayi lelaki) dan 2.4 - 4.2 kg (bayi perempuan)
•    Usia 1 bulan: 3.4 - 5.7 kg (bayi laki-laki) dan 3.2 - 5.4 kg (bayi perempuan)
 

Berat Badan Ideal Bayi

Berat Badan Ideal Anak

Setelah bayi berusia di atas 1 tahun,fisik dan psikisnya pun tentu akan semakin berkembang. Karena itu, sejak usia 1 tahun pengukuran berat badan si Kecil akan diklasifikasikan dalam kategori balita atau anak-anak. Dan menurut data Kementerian Dalam Negeri Indonesia, inilah acuan berat badan ideal anak usia 1-5 tahun.

  • Usia 1 tahun: 7-11,5 kg (anak laki-laki) dan 7,7-12 kg (anak perempuan)
  • Usia 2 tahun: 9-14,8 kg (anak laki-laki) dan 9,7-15,3 kg (anak perempuan)
  • Usia 3 tahun: 10,8-18,1 kg (anak laki-laki) dan 11,3-18,3 kg (anak perempuan)
  • Usia 4 tahun: 12,3-21,5 kg (anak laki-laki) dan 12,7-21,2 kg (anak perempuan)
  • Usia 5 tahun: 13,7-24,9 kg (anak laki-laki) dan 14,1-24,2 kg (anak perempuan)
Berat Badan Ideal Anak
baca juga

Berat Badan Ideal Bayi 2 Bulan

Penting untuk diingat, dalam memantau grafik pertumbuhan si Kecil, bahwa setiap anak memiliki kecepatan masing-masing dan pola tumbuh kembang yang berbeda. Ada anak yang tumbuh kembangnya normal sesuai grafik pertumbuhan, namun ada pula yang sedkit lebih lambat di bawah standar.
Begitu pula untuk bayi usia 2 bulan. Berat badan idealnya adalah 4.4 - 7.0 kg untuk bayi laki-laki, sedangkan berat badan ideal untuk bayi perempuan adalah sekitar 4,0 – 6,5 kg.

Berat Badan Ideal Bayi 2 Bulan

Berat Badan Ideal Bayi 3 Bulan

Acuan berat badan ideal untuk bayi usia 3 bulan, sudah mulai mengalami perkembangan. Meskipun belum terlalu signifikan, namun rentang berat badan yang dianggap ideal pada usia 3 bulan adalah sekita  5.1 - 7.9 kg untuk bayi laki-laki dan 4.6 - 7.4 kg untuk bayi perempuan.

Berat Badan Ideal Bayi 3 Bulan
baca juga

Tabel Berat Badan Ideal

Nah, agar tidak repot, ada cara yang lebih mudah lho Moms, untuk mencocokkan berat badan dengan usia si Kecil! Caranya dengan mengecek table berat badan ideal untuk bayi laki-laku usia 0-12 bulan berikut ini.


 

Tabel Berat Badan Ideal

Tabel Berat Badan Ideal Bayi Perempuan 0-12 Bulan

Sedangkan untuk bayi perempuan usia 0-12 bulan, berikut berat badan ideal yang layak dijadikan acuan.

Tabel Berat Badan Ideal Bayi Perempuan 0-12 Bulan

Terakhir dan yang tidak kalah penting, jangan terlalu terpaku dengan acuan berat badan ideal yang dokter berikan, ya. Asalkan Moms selalu memberikan ASI dan menu MPASI yang kaya gizi, yakinlah bahwa pertumbuhan berat badan si Kecil akan selalu ideal di setiap tahapan tumbuh kembangnya.